Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emiten Grup Sinar Mas (DMAS) Dapat 2 Tenant Baru Bangun Data Center

Grup Sinar Mas, PT Puradelta Lestari Tbk. (DMAS) menyambut dua tenants baru yang bakal membeli lahan untuk data center di lahan industri Deltamas.
Greenland International Industrial Center PT Puradelta Lestari Tbk. (DMAS)./deltamas.id
Greenland International Industrial Center PT Puradelta Lestari Tbk. (DMAS)./deltamas.id

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten Grup Sinar Mas, PT Puradelta Lestari Tbk. (DMAS) membeberkan terdapat dua tenants baru yang bakal membeli lahan untuk sektor data center atau pusat data di lahan industri Deltamas. 

Dengan demikian, emiten pengembang kawasan Kota Deltamas itu telah mengamankan 16 tenants untuk keperluan pusat data. Adapun, DMAS menyediakan lahan sekitar 300 hektare untuk sektor pusat data. 

Data center saat ini 14 tenant akan bertambah lagi ada 2 yang akan datang,” kata Direktur dan Sekretaris Perusahaan DMAS Tondy Suwanto saat Pubex Live 2024, Rabu (28/8/2024). 

Hanya saja Tondy enggan menerangkan dua perusahaan yang akan berinvestasi di lahan milik DMAS tersebut. 

Dia beralasan masih terikat non-disclosure agreement (NDA) atau perjanjian kerahasian bersama dengan calon investor tersebut. 

Saat ini, kata dia, sejumlah pusat data nasional dan internasional berada di Deltamas a.l. Pusat Data Nasional (PDN) dan Telkom Indonesia. 

Selain itu, dia menambahkan investor dari sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Belanda, Australia, Malaysia turut membangun pusat data di Deltamas. 

“Keperluan data center ini semakin meningkat di pipeline ini 40% sampai 50% sendiri 90 hektare dari data center, kontribusi sampai semester I ini 40% sampai 60%,” tuturnya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, DMAS telah meraup marketing sales sebesar Rp1,1 triliun pada semester I/2024, sekitar 60,7% dari target marketing sales tahun 2024 sebesar Rp1,81 triliun.

Dalam keterangan resminya, Rabu (17/7/2024), DMAS meraih marketing sales sebesar Rp560 miliar kuartal I/2024. Pada kuartal II/2024, perseroan membukukan marketing sales sebesar Rp535 miliar. 

Capaian prapenjualan pada kuartal kedua tersebut terutama berasal dari penjualan lahan industri. Pencapaian marketing sales perseroan pada semester I/2024 terutama berasal dari penjualan sektor industri, di samping penjualan sektor komersial dan sektor hunian. 

Sementara, laba yang bisa dihimpun sepanjang paruh pertama 2024 mencapai Rp803,27 miliar. Jumlah tersebut tumbuh 33,90% dibandingkan dengan periode sama tahun lalu. 

Kenaikan laba bersih DMAS didorong oleh kinerja pendapatan usaha yang mencapai Rp1,2 triliun atau meningkat 24,35% year-on-year (YoY). 

Perolehan ini dikontribusikan oleh segmen industri yang menyumbang Rp1,1 triliun atau 95% dari total pendapatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper