Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cimory (CMRY) Kantongi Laba Bersih Rp802 Miliar Semester I/2024

PT Cisarua Mountain Dairy Tbk. (CMRY) atau Cimory mengantongi kenaikan laba bersih menjadi Rp802 miliar pada semester I/2024.
Cimory mengalami kenaikan penjualan dan laba bersih pada semester I/2024./Istimewa
Cimory mengalami kenaikan penjualan dan laba bersih pada semester I/2024./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — PT Cisarua Mountain Dairy Tbk. (CMRY) atau Cimory mengantongi kenaikan laba bersih 29% pada semester I/2024 menjadi Rp802,39 miliar sejalan dengan pertumbuhan penjualan perusahaan produsen yogurt tersebut. 

Laba yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk CMRY sepanjang Januari—Juni 2024 itu lebih besar dibanding realisasi Rp622 miliar pada periode yang sama 2023. 

Bottom line positif terjadi saat penjualan CMRY mengalami kenaikan yang lebih tinggi dari beban pokok penjualan. Penjualan bersih CMRY tercatat sebesar Rp4,41 triliun pada semester I/2024, naik 16,89% year-on-year (YoY) dari Rp3,77 triliun pada 6 bulan pertama 2023.

Nilai penjualan itu bersumber dari produk olahan susu Rp1,87 triliun dan makanan konsumsi Rp2,54 triliun. Mayoritas penjualan CMRY diraih dari pasar domestik dengan nilai Rp4,37 triliun, sedangkan penjualan luar negeri tercatat hanya Rp36,04 miliar. 

Pada saat penjualan bersih naik dobel digit, beban pokok penjualan ikut meningkat. Pada semester I/2024, beban pokok penjualan Cimory tercatat Rp2,44 triliun atau naik 9,18% YoY dari Rp2,23 triliun.

Komponen paling besar dari struktur beban pokok penjualan CMRY ialah penggunan bahan baku dan kemasan yang tercatat sebesar Rp1,92 triliun. 

Berdasarkan catatan Bisnis, CMRY PT Cisarua Mountain Dairy Tbk. (CMRY) atau Cimory berencana menambah delapan lini bisnis baru melalui entitas usahanya, PT Macoprima Panganutama (MP).

Direktur Utama CMRY Farell Grandisuri Sutantio dalam keterangannya menjelaskan bahwa MP selama ini sudah menjalankan kegiatan usaha dalam segmen produk olahan makanan. Penambahan kegiatan usaha tersebut adalah untuk mempersiapkan MP apabila akan dilakukan ekspansi pada segmen yang sudah dijalankan oleh MP saat ini.

“Sesuai dengan visi Cimory untuk tumbuh berkelanjutan menjadi produsen minuman dan makanan terdepan di Indonesia dan sesuai dengan misi perseroan untuk berinovasi dalam nutrisi, perseroan berharap penambahan kegiatan usha ini dapat meningkatkan performa di masa mendatang,” jelas Farell dalam keterbukaan informasi, dikutip Senin (27/5/2024).

Dirinya juga turut menambahkan rencana penambahan kegiatan usaha baru ini juga untuk menjawab hal tersebut dimana perseroan selalu melihat peluang-peluang usaha yang ada serta potensi dari kegiatan usaha baru yang akan ditambahkan.

Adapun, delapan kegiatan usaha baru yang ditambahkan ialah industri bumbu masak dan penyedap masakan, industri produk makanan lainnya, industri lumatan biota air lainnya, industri makaroni, mie, dan produk sejenisnya, industri produk roti dan kue, pergudangan dan penyimpanan, aktivitas cold storage, serta kegiatan rumah potong dan pengepakan daging unggas.

Dalam risetnya, analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Abyan H. Yuntoharjo menyoroti kekuatan marketing CMRY yang agresif dan inovasi produk baru.

"Strategi itu dapat mendorong performa yang kuat bagi CMRY," ujarnya.

Pada 2024, CMRY diproyeksi mengantongi pendapatan Rp8,97 triliun atau naik 15,47% dari realisasi Rp7,77 triliun sepanjang tahun lalu. Adapun, laba bersih dan EBITDA perseroan masing-masing diestimasi Rp1,42 triliun dan Rp1,82 triliun.

Untuk CMRY, Mirae Asset Sekuritas Indonesia memberikan rekomendasi hold dengan target harga Rp5.050 per saham.

Merujuk data Bloomberg, dua sekuritas menyematkan rekomendasi beli untuk CMRY pada pemeringkatan awal bulan ini. Analis Nomura Kong Heng Siong menyematkan beli untuk CMRY dengan target harga Rp6.700 per saham. Senada, analis Verdhaan Sekuritas merekomendasikan beli CMRY dengan target harga Rp6.700 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper