Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Analis Nilai Jika Prabowo Menang Pilpres, Saham Tambang Bergairah

Sejumlah analis telah memprediksi arah pasar saham ke depan jika salah satu paslon baik Anies, Prabowo, atau Ganjar terpilih pada Pilpres 14 Februari 2024.
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Senin (25/7/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Senin (25/7/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah analis telah memprediksi arah pasar saham ke depan jika salah satu paslon baik Anies, Prabowo, atau Ganjar terpilih pada gelaran Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 14 Februari 2024 mendatang.

Pengamat Pasar Modal & Founder WH-Project, William Hartanto mengatakan, meskipun ketiga paslon tidak memiliki peran khusus terhadap IHSG, namun dia menyoroti paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran yang diprediksi akan berdampak ke saham pertambangan dan consumer goods.

"Kalau Prabowo yang menang, mungkin sedikit lebih disukai pasar karena ada sosok Gibran yang diyakini akan melanjutkan program Jokowi," ujar William kepada Bisnis dikutip Rabu, (31/1/2024).

Lebih lanjut dia mengatakan, jika Prabowo menang Pilpres, maka sektor saham paling terpengaruh yakni pertambangan karena berfokus terhadap hilirisasi sumber daya alam. Selain itu, saham-saham consumer goods juga akan terdampak dengan adanya program makan siang dan susu gratis.

"Saham properti juga terpengaruh, lalu ada sentimen khusus untuk saham PMMP karena dimiliki oleh Kaesang Pangarep yang bisa terbawa jika Prabowo menjadi pemenang Pilpres," katanya.

Sebagai informasi, per 29 Desember 2023, Kaesang Pangarep memiliki 8% saham di PT Panca Mitra Multiperdana Tbk. (PMMP) melalui PT Harapan Bangsa Kita atau GK Hebat.

Meskipun demikian, menurut William secara keseluruhan siapapun pemenang Pilpres nantinya, saham-saham yang dapat diperhatikan yaitu TLKM, ISAT, SMRA, BSDE, CTRA, AKRA, PTBA, ADRO, PMMP, JSMR, ULTJ, CMRY, HOKI, dan AISA.

"Untuk penggerak IHSG terlepas siapapun pemenangnya, bisa perhatikan saham-saham perbankan seperti BBNI BBRI dan BBCA, tren menguat yang terjadi sekarang ini diperkirakan akan berlanjut," pungkas William.

Financial Educator Manager Sucor Sekuritas, Hendry Wijaya menambahkan, dalam gelaran Pemilu, siapapun paslon yang terpilih nantinya tetap akan berdampak terhadap kinerja IHSG, sebab ada saham-saham terkait di milik tokoh pendukung masing-masing paslon.

Misalnya, taipan Garibaldi 'Boy' Thohir yang menakhodai emiten batu bara Grup PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO) mendeklarasikan dukungan terhadap Prabowo-Gibran. Tak hanya itu, Boy Thohir juga menyebut Grup Djarum dan H.M. Sampoerna (HMSP) mendukung paslon nomor 02 tersebut.

“Memang paling banyak ya, saham yang paling banyak ya related itu ke 02 betul. Jadi memang kalau 02 menang, apalagi memang data kebanyakan dari ekonomis, prediksinya bahkan 50% elektabilitas 02,” ujar Hendry di Jakarta, dikutip Rabu, (31/1/2024).

Menurutnya, sejatinya para pelaku pasar menginginkan Pemilu diglar satu putaran, karena IHSG akan merespons dengan kenaikan signifikan. Sebab, jika Pemilu berlangsung dua putaran, maka pasar akan mengalami pelambatan.

---------------- 

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper