Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gibran Dorong Anak Muda Ahli Kripto, Begini Prediksi Laju Bitcoin 2024

Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengatakan Indonesia perlu memiliki anak muda yang bertalenta di bidang digital, salah satunya kripto.
Gibran Rakabuming Raka dalam Debat Cawapres 2024. Gibran mengatakan Indonesia perlu memiliki anak muda yang bertalenta di bidang digital, salah satunya kripto.
Gibran Rakabuming Raka dalam Debat Cawapres 2024. Gibran mengatakan Indonesia perlu memiliki anak muda yang bertalenta di bidang digital, salah satunya kripto.

Bisnis.com, JAKARTA - Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengatakan Indonesia perlu memiliki anak muda yang bertalenta di bidang teknologi digital, salah satunya kripto. Di lain sisi, pasar kripto di Indonesia diprediksi semarak pada 2024, seiring akan terjadinya halving Bitcoin. 

Adapun Gibran mengatakan akan mendorong anak muda untuk menguasai beberapa bidang teknologi digital yaitu ahli dalam bidang kripto, ahli artificial intelligence, ahli blockchain, ahli robotic dan ahli perbankan syariah.  

“Kita harus punya future talent dengan future skill, untuk itu hilirisasii digital akan kita genjot, kita kana siapkan anak muda yang ahli AI, ahli blockchain, ahli robotik, ahli perbankan syariah, anak muda ahli kripto,” katanya dalam Debat Cawapres, Jumat (22/12/2023). 

Terpisah, VP of Operations Upbit Indonesia Resna Raniadi mengatakan dengan pertumbuhan proyek-proyek baru dan adopsi teknologi blockchain yang semakin luas, industri kripto akan terus bergerak maju. Menurutnya, tahun 2023 memberikan gambaran yang menarik tentang perkembangan dunia cryptocurrency.

"Memasuki tahun 2024, industri kripto akan dipengaruhi oleh berbagai faktor, dan situasinya dapat terus berubah seiring waktu. Namun, dapat dipastikan Bitcoin akan bergerak positif karena adanya peristiwa Bitcoin Halving di tahun depan," ujar Resna dalam keterangannya dikutip Sabtu, (23/12/2023).

Lebih lanjut dia mengatakan, para investor kripto juga masih memperhatikan suku bunga The Fed dan keputusan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk menyetujui exchange-traded funds ETF Bitcoin yang diprediksi akan terealisasi pada pertengahan tahun depan.

Menurut Resna, salah satu faktor pendorong industri kripto yaitu dengan meningkatnya adopsi lebih lanjut dari aspek teknologi blockchain. Misalnya, teknologi artificial intelligence (AI) yang dapat menganalisis data dengan cepat untuk membantu para investor dengan algoritma trading, serta mendeteksi adanya penipuan.

Selain itu, beberapa adopsi teknologi blockchain yang patut diperhatikan menurutnya yakni peralihan dari Web2 ke Web3 yang dibangun di atas teknologi blockchain, peningkatan layanan keuangan terdesentralisasi (Decentralized Finance/DeFi), dan juga teknologi NFT.

Terkait halving Bitcoin, Upbit Indonesia memprediksi hal itu akan terjadi pada awal 2024. Pasokan koin yang dirilis diperkirakan akan seharga 1.312.500 BTC dengan reward para mining yang akan dikurangi menjadi 3,125 BTC.

Adapun, mengacu Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mencatat, nilai transaksi kripto di Indonesia sebesar Rp10,5 triliun pada Oktober 2023. Jumlah ini meningkat 31,9% dibandingkan pada September 2023 (month-to-month/m-to-m) yang sebesar Rp7,96 triliun. 

Meski demikian, nilai transaksi kripto di dalam negeri turun 19% jika dibandingkan setahun sebelumnya (year on year/yoy). Pada Oktober 2022, nilai transaksi kripto di dalam negeri mencapai Rp12,96 triliun.

Sedangkan dari sisi jumlah investor, Bappebti melaporkan total investor kripto di Indonesia mencapai 18,06 juta orang hingga Oktober 2023. Jumlah tersebut bertambah 15.000 orang atau naik 0,84% dibandingkan pada September 2023 yang sebanyak 17,91 juta orang. 

Jika dibandingkan setahun yang lalu, jumlah investor kripto telah bertambah sekitar 1,66 juta orang atau 10,1%. Sebelumnya, jumlah investor kripto sebanyak 16,4 juta orang pada Oktober 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper