Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Catat, Mulai Besok Cum Dividen Emiten-Emiten Berikut

Sejumlah emiten yang berencana membagikan dividen menjadwalkan tanggal cum dividen pada pekan ini.
Sejumlah emiten yang berencana membagikan dividen menjadwalkan tanggal cum dividen pada pekan ini. Bisnis/Himawan L Nugraha
Sejumlah emiten yang berencana membagikan dividen menjadwalkan tanggal cum dividen pada pekan ini. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah emiten yang berencana membagikan dividen interim tahun buku 2023 menjadwalkan tanggal cum dividen di pasar reguler dan negosiasi pada pekan ini.

Cum date atau cum dividend adalah tanggal terakhir bagi investor yang ingin membeli saham tertentu dan berhak mendapatkan dividen perusahaan yang telah diumumkan. Dengan kata lain, investor yang berhak menerima dividen adalah mereka yang telah membeli saham hingga paling lambat pada cum date.

Ketujuh emiten tersebut adalah PT Multi Bintang Indonesia Tbk. (MLBI), PT Trans Power Marine Tbk. (TPMA), PT Eastparc Hotel Tbk. (EAST), PT Armada Berjaya Trans Tbk. (JAYA), PT Prima Globalindo Logistik Tbk. (PPGL), PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk. (CPIN) dan PT Trisula International Tbk. (TRIS) akan membagikan dividen senilai total Rp1,96 triliun.

Daftar Emiten Cum Dividen Pekan Ini

1. PT Multi Bintang Indonesia Tbk. (MLBI) 

Emiten produsen Bir merek Bintang ini sepakat menebar dividen interim sebesar Rp231,77 miliar atau setara Rp110 per saham. Dengan tanggal cum dividen pada 14 November mendatang, MLBI memiliki dividend yield sebesar 1,37% jika berdasarkan harga penutupan Jumat (10/11/2023) di level Rp8.000 per saham. 

2. PT Trans Power Marine Tbk. (TPMA)

TPMA akan membagikan dividen interim sebesar Rp30 per saham atau senilai total Rp78,99 miliar yang berlandaskan laporan keuangan per September 2023.

Emiten jasa pelayaran ini menjadwalkan cum dividend pada 14 November 2023 dengan dividend payout ratio sebesar 38,77%. Sementara itu dividen yied sebesar 4,41% dengan mengasumsikan harga saham Rp680 per saham. 

3. PT Eastparc Hotel Tbk. (EAST) 

Emiten perhotelan ini akan membagikan dividen interim sebanyak Rp10,31 miliar atau setara Rp2,5 per saham. EAST menjadwalkan cum dividend pada 15 November 2023.

Dividend payout ratio EAST tercatat sebesar 39,91% dengan dividend yield sebesar 1,62%, jika menggunakan asumsi harga saham Rp154 per saham. 

4. PT Armada Berjaya Trans Tbk. (JAYA)

Salah satu emiten transportasi, JAYA berencana membagikan dividen interim sebesar Rp1,6 miliar, atau Rp2 per saham. JAYA menjadwalkan cum dividen pada 15 November 2023.

Dengan JAYA memiliki kisaran dividend payout ratio sebesar 13,95% dan dividend yield sebesar 1,65% jika mengasumsikan harga saham Rp121. 

5. PT Prima Globalindo Logistik Tbk. (PPGL)

PPGL akan membagikan dividen interim senilai Rp1,54 miliar atau Rp2 per saham. Cum dividen jatuh pada tanggal 15 November 2023, dividend payout ratio PPGL sebesar 29,93% serta dividend yield sebesar 1,86% dengan mengasumsikan harga saham Rp107 per saham. 

6. PT Charoen Pokhpand Indonesia Tbk. (CPIN) 

Emiten unggas ini akan membagikan dividen interim tunai senilai Rp1,63 triliun atau setara Rp100 per saham. CPIN menjadwalkan cum dividen pada 16 November 2023 dan menawarkan dividend payout ratio sebesar 61,28% dari laba bersih. Sementara untuk dividend yield tercatat sebesar 1,78% dengan mengasumsikan harga saham di level Rp5.600 per saham.

7. PT Trisula International Tbk. (TRIS) 

Terakhir, TRIS memutuskan membagikan dividen interim tahun buku 2023 sebesar Rp8,6 miliar, atau Rp2,76 per saham. Cum dividen jatuh pada 16 November 2023 dengan dividend payout ratio sebesar 30,62% dan dividend yield sebesar 1,2%, apabila menggunakan asumsi harga saham Rp236 per saham. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper