Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indo Tambangraya (ITMG) Raih Kontrak Penjualan Batu Bara 88 Persen

ITMG mencatatkan kontrak penjualan batu bara sebesar 88 persen pada semester I/2023 dari target penjualan 2023 sekitar 21,5 juta-22 juta ton.
ITMG mencatatkan kontrak penjualan batu bara sebesar 88 persen pada semester I/2023 dari target penjualan 2023 sekitar 21,5 juta-22 juta ton. /itmg.co.id
ITMG mencatatkan kontrak penjualan batu bara sebesar 88 persen pada semester I/2023 dari target penjualan 2023 sekitar 21,5 juta-22 juta ton. /itmg.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - PT Indo Tambangraya Megah Tbk. (ITMG) mencatatkan kontrak penjualan batu bara sebesar 88 persen per Juni 2023 dari target penjualan tahun ini sekitar 21,5 juta-22 juta ton.

ITMG memiliki target volume produksi sebesar 16,6 juta-17 juta ton pada 2023. Target volume produksi tersebut diimbangi dengan target volume penjualan sebesar 21,5 juta - 22,2 juta ton. 

"Dari target volume penjualan tersebut, sebanyak 56 persen harga jualnya telah ditetapkan, 32 persen mengacu pada indeks harga batu bara, sedangkan sisa 12 persen belum terjual," kata Direktur Utama Indo Tambangraya Megah Mulianto, dalam keterangan resmi.

ITMG membukukan volume produksi batu bara 8,2 juta ton sepanjang semester I/2023. Mulianto mengatakan capaian produksi batu bara pada semester I/2023 melampaui target didukung oleh kondisi cuaca yang bersahabat dan manajemen operasional yang baik.

Meski demikian harga rata-rata penjualan batu bara justru turun yang menyebabkan tekanan terhadap kinerja keuangan. 

"Harga rata-rata penjualan batu bara yang diperoleh pada paruh pertama tahun ini adalah sebesar US$130,6 per ton, turun dari US$175,1 per ton, sehingga menekan kinerja keuangan," katanya.

Hal tersebut tercermin dari turunnya laba bersih TIMG sebesar 33 persen menjadi menjadi US$306,7 juta atau Rp4,61 triliun di semester I/2023 dibandingkan dengan US$460,68 juta di paruh pertama 2022. 

Pendapatan ITMG juga turun menjadi sebesar US$1,3 miliar, dengan laba kotor sebesar US$458 juta, dan marjin laba kotor sebesar 35 persen. EBITDA tercatat sebesar US$ 408 juta.

Pada paruh pertama 2023, ITMG membukukan volume penjualan batu bara sebanyak 9,9 juta ton yang dipasarkan ke China (3,6 juta ton), Indonesia (2,2 juta ton), Jepang (0,9juta ton), Filipina (0,8 juta ton), Thailand (0,5 juta ton) dan negara-negara lain di Asia Pasifik, dan Eropa.

Target EBT

Di sisi lain, ITMG telah mengantongi kontrak kumulatif untuk bisnis energi baru terbarukan sebesar 9,7 megawatt peak (MWp). 

Mulianto menyebutkan kontrak sebesar 1,0 MWp didapatkan pada kuartal II/2023. Dari jumlah tersebut, total kapasitas proyek yang telah atau sedang dikerjakan adalah sebesar 5,8 MWp. 

"Sejumlah proyek panel surya telah dibangun untuk pelanggan dari berbagai industri, yang pada gilirannya menambah portofolio energi surya (PLTS) perusahaan," jelas Mulianto.

ITMG melalui PT ITM Bhinneka Power (IBP) telah mendirikan dua anak usaha, yaitu PT Cahaya Power Indonesia (CPI) yang  fokus pada pengembangan atap panel surya untuk komersial dan industri, dan PT IBP Hydro Power (IHP) yang  akan bergerak dalam bisnis energi terbarukan berbasis pembangkit listrik tenaga air di masa depan. 

ITMG juga mengklaim saat ini tengah menjajaki bisnis pembangkitan energi, dan bisnis teknologi energi. Dalam hal pembangkitan energi, ITMG berencana mengembangkan ladang surya di lokasi strategis sambil mempertimbangkan transisi dari diesel ke energi surya dengan dukungan BESS (Battery Energy Storage System). 

ITMG pun akan meningkatkan keterlibatan dalam proyek energi terbarukan yang sudah berjalan dengan bekerja sama dengan mitra berpengalaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper