Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengelola Mitra10 (CSAP) dan Hypermart (MPPA) Rights Issue Hari Ini

Catur Sentosa Adiprana (CSAP) membidik dana rights issue Rp857,37 miliar, sedangkan Matahari Putra Prima (MPPA) mengincar Rp550,01 miliar.
Seorang karyawan Hypermart di Karawaci, Banten menata deterjen laundry Rinso milik Unilever./Bloomberg-Dimas Ardian
Seorang karyawan Hypermart di Karawaci, Banten menata deterjen laundry Rinso milik Unilever./Bloomberg-Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA – Dua emiten ritel PT Catur Sentosa Adiprana Tbk. (CSAP) dan PT Matahari Putra Prima Tbk. (MPPA) memulai perdagangan saham baru melalui skema rights issue pada hari ini, Jumat (14/7/2023).

CSAP sebagai pengelola jaringan distribusi bahan bangunan Mitra10 menawarkan 1,22 miliar saham atau sekitar 21,55 persen dari jumlah saham yang ditempatkan dan disetor penuh setelah rights issue.

Nilai nominal rights issue CSAP ini adalah Rp100 per saham, sementara harga pelaksanaan ditetapkan sebesar Rp700 per saham. Jumlah dana yang akan dikantongi CSAP dari aksi korporasi ini mencapai Rp857,37 miliar.

Setiap pemegang 91 saham lama CSPA yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham pada tanggal 12 Juli 2023 pukul 16.00 WIB berhak atas sebanyak 25 HMETD, di mana setiap 1HMETD memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli sebanyak 1 saham baru.

Berdasarkan prospektus, CSAP mengantongi komitmen para investor institusi eksisting untuk melaksanakan rights issue. Mereka ialah PT Buanatata Adisentosa sebanyak 32,01 persen, SCG Retail Holding Co. Ltd. sebesar 30,89 persen, NT Asian Discovery Master Fund sebanyak 13,18 persen, dan Albizia Asean Opportunities Fund sebanyak 10,00 persen.

Budyanto Totong selaku pemegang saham sebanyak 5,80 persen juga menyatakan akan melaksanakan seluruh HMETD.

Cum date rights issue CSAP telah berlangsung kemarin atau 10 Juli 2023, sementara pencatatan HMETD rights issue CSAP digelar hari ini, 14 Juli 2023. Periode perdagangan dan pelaksanaan HMETD dijadwalkan selama 14-21 Juli 2023.

Hal yang sama juga dilakukan MPPA. Cum date rights issue pengelola jaringan Hypermart telah berlangsung pada 10 Juli 2023, dan jadwal perdagangan HMETD adalah 14-21 Juli 2023.

MPPA menerbitkan hingga 6.875.236.268 saham baru atau 44,78 persen dari modal dan disetor penuh. Saham baru ini memiliki nilai nominal sebesar Rp50 per saham.

Sesuai prospektus MPPA, harga pelaksanaan penerbitan saham baru ini ditetapkan di Rp80 per saham. Dengan demikian, total dana yang berpotensi dihimpun MPPA dari rights issue mencapai Rp550,01 miliar.

Manajemen MPPA menjelaskan setiap pemegang 164 saham lama yang namanya tercatat saat recording date 12 Juli 2023 berhak atas 133 HMETD. Setiap 1 HMETD memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 saham baru yang dibayar penuh saat pemesanan.

Sebagai pembeli siaga, apabila setelah alokasi tersebut masih terdapat sisa saham yang ditawarkan, maka MLPL akan membeli sebagian sisa saham yang tidak diambil bagian sampai dengan jumlah saham yang nilainya setara dengan Rp84,22 miliar.

Adapun seluruh dana yang diperoleh dari rights issue ini rencananya akan digunakan untuk sejumlah hal. Sebanyak Rp150 miliar akan dipakai untuk pembayaran sebagian pokok utang terhadap PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) dan PT Bank CIMB Niaga Tbk. Sementara itu sisanya akan digunakan untuk modal kerja MPPA yang mencakup keperluan peningkatan kualitas persediaan melalui pembelian barang dagangan dari pemasok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper