Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waskita (WSKT) Suntik Rp462,61 Miliar ke Waskita Sriwijaya Tol

Anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT), PT Waskita Sriwijaya Tol menambah modal sebesar Rp462,61 miliar yang diambil oleh PT Waskita Toll Road (WTR).
Karyawan beraktivitas disekitar logo PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT), Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Abdurachman
Karyawan beraktivitas disekitar logo PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT), Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA — Anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT), PT Waskita Sriwijaya Tol menambah modal sebesar Rp462,61 miliar yang diambil oleh PT Waskita Toll Road (WTR).

Berdasarkan keterbukaan informasi, WST melakukan peningkatan modal ditempatkan dan disetor sebanyak 462.619 saham atau setara Rp462,61 miliar. Transaksi tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja WST.

Melalui transaksi ini kepemilikan saham WTR di WST mencapai 3,33 juta (3.333.391) saham atau setara 99,67 persen. Sementara itu, kepemilikan WTR di WST mencapai Rp3,33 triliun.

WTR merupakan anak usaha WSKT yang bergerak di bidang pembangunan, pengusahaan, pengoperasian, dan pengelolaan jalan tol. Selain itu, WTR juga mengelola beberapa infrastruktur baik secara langsung maupun melalui anak usahanya.

Sementara WST merupakan anak usaha WTR yang bergerak di bidang pembangunan, pengusahaan, dan pengelolaan jalan tol. Selain itu, WST juga merupakan pemborong bangunan dan kontraktor umum yang berperan sebagai perencana, pelaksana, pengawasan maupun penyelenggara konstruksi jalanan, dan pemeliharaan jalan tol.

WST juga memiliki kegiatan usaha terkait dengan jalan tol termasuk penggunaan ruang milik jalan tol untuk usaha lain yang berkaitan dengan operasional jalan tol. Kemudian ada penyelenggaraan kegiatan usaha lain yang terkait untuk menunjang kegiatan WST.

Manajemen WSKT menyebut transaksi tersebut bukan transaksi benturan kepentingan sebagaimana dimaksud dalam peraturan Otoritas Jasa Keuangan. Transaksi ini juga sudah melalui tahap pemeriksaan yang wajar dan sepanjang pengetahuan serta keyakinan.

Sebagai informasi, SVP Corporate Secretary WSKT Ermy Puspa Yunita mengatakan secara umum pihaknya akan ikut dalam tender pembangunan konstruksi pembangunan Tol Demak-Tuban. Namun, Ermy belum bisa membeberkan nilai tender konstruksi tersebut.

“Belum dimulai tender konstruksinya. Jadi belum tahu untuk nilainya,” ujar Ermy kepada Bisnis, Minggu (5/2/2023).

Lebih lanjut, Ermi mengatakan Tol Demak-Tuban belum masuk dalam rencana investasi baik WSKT maupun Waskita Tol Road selaku anak usaha. Ia mengatakan saat ini grup Waskita akan fokus untuk melakukan program kemitraan strategis atau strategic partnership dan menyelesaikan ruas yang sudah ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper