Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saham GOTO Rebound Tembus Rp100, Cek Rekomendasinya

Saham GOTO naik 8,25 persen ke level Rp105 pada akhir pekan dan berpotensi kembali menguat ke depannya.
Saham GOTO naik 8,25 persen ke level Rp105 pada akhir pekan dan berpotensi kembali menguat ke depannya. Bisnis/Himawan L Nugraha
Saham GOTO naik 8,25 persen ke level Rp105 pada akhir pekan dan berpotensi kembali menguat ke depannya. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Saham PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) diperkirakan dapat terus menguat dengan target terdekat ke Rp130 per saham, setelah berhasil menembus Rp100 per saham.

Pada Jumat (13/1/2023), saham GOTO naik 8,25 persen ke level Rp105. Sejak awal 2023, saham GOTO perlahan merangkak dari posisi Rp92 per saham. Bahkan pada akhir 2022, saham GOTO pernah mencapai level terendah Rp81.

Analis Samuel Sekuritas Muhammad Farras Farhan mengatakan penguatan saham GOTO karena secara valuasi saham teknologi itu sudah murah. Selain itu, faktor makro juga ikut mendukung kenaikan saham induk Gojek dan Tokopedia itu.

"Kemungkinan karena ada penguatan rupiah dan investor mulai tertarik kepada GOTO mengingat harganya saat ini berada di valuasi dibawah Bukalapak," katanya kepada Bisnis, Jumat (13/1/2023).

Sebagai ilustrasi, saham GOTO kini diperdagangkan pada level price earning ratio (PER) minus 4,55 dengan PBV 0,87 kali. Di sisi lain, saham Bukalapak diperdagangkan pada level PER 5,6 kali dengan PBV 0,99 kali. 

Oleh sebab itu, Farras menilai saham GOTO masih akan terus melanjutkan penguatan. Secara fundamental, lanjutnya, saham GOTO berpotensi menanjak ke level Rp130.

"Dalam jangka menengah iya ada potensi penguatan," imbuhnya.

Selama sepekan perdagangan, saham GOTO telah melaju naik 10,53 persen sedangkan indeks komposit justru terkoreksi 0,64 persen. Penguatan itu sejalan dengan indeks Nasdaq yang menjadi rumah saham teknologi yang dalam penguatan 5,19 persen selama sepekan.

Tim riset MNC Sekuritas mengatakan GOTO menjadi salah satu saham yang diuntungkan dengan tren penguatan saham teknologi di Nasdaq. Pasalnya, itu membuat tekanan jual pada raksasa teknologi itu semakin mereda.

“Saham GOTO yang tertekan tahun lalu membuat valuasinya menjadi murah di bawah 0,2 kali P/GTV” tulis riset tersebut.

Selain itu, MNC Sekuritas menilai GOTO sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia yang fokus melakukan integrasi ekosistem. Lalu menaikkan take rates pada Tokopedia dan efisiensi biaya dapat memperpanjang runway dan mengakselerasi profitabilitasnya.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper