Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awal Tahun 2023, Harga Gas Eropa Ambles ke Level Terendah Sebelum Perang Ukraina

Patokan harga gas di Eropa turun sebanyak 7,9 pesen ke level terendah sejak 21 Februari 2022.
Jaringan pipa gas/Bloomberg
Jaringan pipa gas/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Harga gas Eropa memulai awal tahun 2023 di zona merah karena kondisi cuaca yang cenderung lebih hangat memengaruhi permintaan.

Dilansir dari Bloomberg pada (2/1/2022), harga gas Eropa turun sebanyak 7,9 pesen ke level terendah sejak 21 Februari, memperpanjang penurunan selama tiga pekan berturut-turut.

Penurunan ini diakibatkan oleh prakiraan cuaca yang menunjukkan suhu di atas normal di sebagian besar wilayah dalam dua pekan ke depan. Hal ini akan membantu Eropa menghindari menipisnya stok terlalu cepat saat melewati musim dingin.

Setelah harga gas mengalami volatilitas yang ekstrim menyusul lonjakan harga energi ke rekor tertinggi di tengah perang Rusia di Ukraina, kondisi pasar cenderung lebih longgar memasuki tahun 2023.

 Harga gas turun sekitar 47 persen pada bulan Desember karena Eropa berhasil menggantikan sebagian besar aliran gas Rusia yang dibatasi dengan pasokan gas alam cair. 

Suhu yang cenderung lebih hangat untuk jangka waktu yang lama, bersama dengan perlambatan permintaan industri pada akhir tahun, dapat membantu Eropa menjaga persediaan dengan baik hingga akhir musim.

Harga gas yang lebih rendah juga memberikan nafas segar bagi perekonomian Eropa yang tertekan oleh tingkat inflasi yang tinggi. 

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan krisis energi yang dipicu oleh invasi Presiden Rusia Vladimir Putin ke Ukraina merupakan ujian berat bagi ekonomi terbesar di benua itu dan mendesak warga untuk terus menghemat energi dalam beberapa bulan ke depan.

Gas Infrastructure Europe menatat tingkat penyimpanan gas Jerman naik menjadi 90 persen selama seminggu terakhir, lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata lima tahun terakhir sebesar 73 persen untuk sepanjang tahun. 

"Terminal impor LNG baru membuat negara kita dan Eropa tidak bergantung pada gas Rusia untuk jangka panjang," kata Scholz.

Sementara itu, gas berjangka Belanda kontrak Februari 2023 terpantau melemah 4,344 persen ke level US$73 per megawatt-hour (MWh) pada pukul 11.09 waktu setempat.

Volume perdagangan secara keseluruhan lebih rendah karena hari libur di Inggris. Harga listrik juga turun. Kontrak berjangka di Jerman melemah 4,5 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper