Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Hore! PMN Garuda (GIAA) Diperkirakan Cair Minggu Ketiga Desember 2022

Pencairan PMN senilai Rp7,5 triliun yang diperkirakan pada minggu ketiga Desember 2022 akan membantu likuiditas dan kecukupan modal Garuda Indonesia (GIAA).
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 05 Desember 2022  |  20:02 WIB
Hore! PMN Garuda (GIAA) Diperkirakan Cair Minggu Ketiga Desember 2022
Pesawat milik maskapai penerbangan Garuda Indonesia terparkir di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (21/6/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) menegaskan Penyertaan Modal Negara (PMN) dan konversi utang akan berdampak terhadap perbaikan kinerja operasional perseroan. Dana PMN tersebut diproyeksikan dapat dicairkan pada minggu ketiga Desember 2022. 

Direktur Utama GIAA Irfan Setiaputra menyebutkan, tambahan PMN sebesar Rp7,5 triliun akan digunakan sebesar 60 persen atau Rp4,5 triliun untuk perbaikan, maintenance armada dan restorasi, serta perbaikan ketersediaan armada (maintenance reserve).

Selanjutnya, sebanyak 40 persen atau Rp3 triliun akan digunakan untuk modal kerja seperti pembelian bahan bakar, biaya sewa, dan biaya restrukturisasi.

Irfan mengatakan, pencairan PMN akan membantu likuiditas Garuda Indonesia agar memiliki modal yang cukup untuk memenuhi kewajiban dan liabilitas lancar. Pencairan PMN juga bakal membantu mendukung upaya penyelamatan penerbangan nasional lantaran akan melancarkan rencana perdamaian PKPU.

“Tambahan PMN juga akan membantu perbaikan kinerja keuangan dan operasional Garuda untuk menangkap peluang pemulihan tren kenaikan jumlah penumpang pesawat hingga 2026, serta untuk pembayaran pajak dengan estimasi mencapai US$7,28 juta per tahun,” papar Irfan dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VI DPR RI, Senin (5/12/2022).

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan, proses pencairan dana PMN cukup memakan waktu karena proses penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) yang lambat. Namun, lanjutnya, PP tersebut pada akhirnya sudah diterbitkan.

"Diproyeksikan dana PMN cair pada minggu ketiga Desember. Karena itu kami danai sementara dengan Perusahaan Penjamin Aset untuk melakukan perbaikan pesawat," ujarnya dalam rapat di Komisi VI DPR/RI, Senin (5/12/2022).

Selain rencana pencairan PMN, emiten bersandi GIAA itu juga akan melaksanakan private placement atau Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) dengan cara konversi utang Obligasi Wajib Konversi sebesar Rp1 triliun oleh pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Garuda Indonesia giaa pmn BUMN
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top