Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Intip Perkiraan Gaji Rata-rata Karyawan GOTO Sebelum PHK Massal

Usai pengumuman PHK pekan lalu, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) melaporkan rugi bersih Rp20,9 triliun, gaji karyawan termasuk komponen beban terbesar.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 22 November 2022  |  08:05 WIB
Intip Perkiraan Gaji Rata-rata Karyawan GOTO Sebelum PHK Massal
Pengemudi ojek online (ojol) menunjukan logo GoTo di Jakarta, Rabu (26/10/2022). Bisnis - Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Usai pengumuman PHK pekan lalu, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) melaporkan rugi bersih sebesar Rp20,9 triliun hingga kuartal III/2022 akibat total beban sebesar Rp30,72 triliun. Gaji karyawan menjadi salah satu komponen terbesar.

Salah satu beban terbesar yang dicatatkan oleh GOTO adalah beban gaji dan imbalan karyawan yang sebesar Rp11,28 triliun selama 9 bulan 2022. Pos beban gaji dan imbalan karyawan ini meningkat 103,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp5,53 triliun.

Dalam laporan keuangannya, per 30 September 2022 GOTO mencatatkan jumlah karyawan sebanyak 10.541 orang. Jumlah karyawan ini meningkat dibandingkan akhir 2021 yang sebesar 9.044 orang.

Dengan jumlah beban dan jumlah karyawan tersebut, GOTO diperkirakan mengeluarkan beban gaji sebesar Rp1,25 triliun per bulan.

Jika beban gaji per bulan tersebut dibagi dengan jumlah karyawan GOTO sebanyak 10.541 orang, maka rata-rata karyawan GOTO mendapatkan gaji sebesar Rp118,9 juta per bulan.

Adapun per 30 September 2022, GOTO mencatatkan penerimaan dari pelanggan sebesar Rp16,5 triliun, dengan kas yang digunakan dalam operasi berjumlah minus 13,93 triliun.

Sementara itu, kas dan setara kas pada akhir periode GOTO adalah sebesar Rp31,5 triliun per 30 September 2022.

Direktur Utama Grup GoTo Andre Soelistyo mengatakan sebagai bagian dari penghematan biaya, GOTO juga telah mengumumkan untuk mengurangi PHK karyawan sekitar 12 persen yang berdampak pada 1.300 karyawan dalam Grup pekan lalu.

"Kami mengidentifikasi total penghematan biaya yang kami dapatkan dari efisiensi baik karyawan maupun biaya lainnya akan mengurangi sekitar 14-16 persen biaya," ujar dia. Dia melanjutkan, sebagian besar penghematan biaya ini akan terlihat pada kuartal I/2023 dan pada kuartal-kuartal selanjutnya.

Adapun GOTO melihat seluruh efisiensi yang dilakukan ini dapat mengurangi rata-rata cash burn sebesar 13 persen setiap bulannya.

"Kami akan melanjutkan pendekatan disiplin kami untuk perbaikan bakar uang, dan kami akan terus meninjau peluang untuk meningkatkan neraca kami," ucap Andre.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Goto phk Gojek tokopedia gaji
Editor : Pandu Gumilar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top