Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis E-commerce dan Fintech GOTO Melambung, Apa Resepnya?

Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mencatatkan kenaikan kinerja pada segmen bisnis e-commerce dan fintech semester I/2022.
Warga berbelanja secara daring menggunakan e-commerce Tokopedia di Jakarta, Minggu (17/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Warga berbelanja secara daring menggunakan e-commerce Tokopedia di Jakarta, Minggu (17/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mencatatkan kenaikan kinerja pada segmen bisnis e-commerce dan fintech semester I/2022.

Secara rinci, bisnis e-commerce dan fintech mencatatkan performa baik dengan kenaikan pendapatan bruto sebesar 57 persen menjadi Rp4,01 triliun dari Rp2,56 triliun untuk e-commerce. Lalu, disusul fintech naik 52 persen menjadi Rp759,43 miliar dari sebelumnya Rp501,22 miliar.

Bisnis utama lainnya yakni on-demand services, kontributor terbesar, mencatatkan kenaikan pendapatan bruto sebesar 47 persen menjadi Rp6,35 triliun dari Rp4,32 triliun.

Di sisi lain, total pendapatan bruto GOTO naik 49 persen year on year mencapai Rp10,7 triliun dari periode yang sama tahun lalu Rp7,19 triliun (proforma). Untuk pendapatan bersih GOTO, mengacu laporan keuangan, tercatat sebesar Rp3,39 triliun, naik 73 persen dari semester I-2021 senilai Rp1,96 triliun.

Dari sisi nilai transaksi bruto (gross transaction value/GTV), angkanya naik 42 persen mencapai Rp 290,5 triliun dari periode yang sama tahun sebelumnya. Dihitung secara kuartalan di kuartal II-2022, GOTO meraih nilai GTV Rp 150,5 triliun, melewati target kuartalan yang dipatok yakni Rp142 - Rp150 triliun. Sementara itu, pendapatan bruto khusus di kuartal II-2022 juga tercatat Rp 5,5 triliun, mencapai batas atas target pendapatan kuartalan.

Menurut Andre Soelistyo, Direktur Utama Grup GoTo, pertumbuhan pendapatan dan GTV perseroan terutama didorong oleh upaya monetisasi yang berlanjut dengan baik, termasuk di antaranya pembaruan skema komisi merchant untuk bisnis e-commerce, pendapatan komisi dari layanan pesan antar makanan yang lebih baik, dan berlanjutnya pemulihan pada sektor mobilitas.

“Pada kuartal kedua, kami terus mendorong pertumbuhan bisnis yang berkualitas. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kami telah berhasil menumbuhkan nilai transaksi bruto (GTV) serta pendapatan bruto Perseroan. Pertumbuhan juga tercatat di margin bisnis, dibandingkan dengan kuartal yang lalu. Hal tersebut mendorong percepatan langkah kami mencapai profitabilitas.” kata Andre dalam siaran pers, Selasa (30/8/2022).

Strategi perusahaan yang bergeser dari bisnis berbasis subsidi menuju diferensiasi produk bekerja dengan baik. Sebagaimana ditunjukkan dengan meningkatnya penggunaan lintas platform, serta memberikan ruang bagi perusahaan untuk menajamkan fokus dan meningkatkan jumlah pelanggan loyal yang menghasilkan monetisasi bernilai tinggi.

Secara keseluruhan, industri ini akan terus beradaptasi di tengah perubahan yang sangat cepat. Memahami situasi tersebut, GoTo akan terus mengimplementasikan efisiensi biaya dan mendorong sinergi optimal dalam ekosistem.”

Jacky Lo, Direktur Keuangan Grup GoTo, mengatakan kinerja kuat perseroan di kuartal kedua tahun 2022 telah menghasilkan pertumbuhan pendapatan dengan struktur biaya yang lebih optimal.

"Kami berhasil meningkatkan pertumbuhan GTV, pendapatan bruto serta margin keuangan, di tengah kondisi geopolitik dan makroekonomi yang menantang, dampak sistemik dari pandemi COVID-19 serta dampak musiman dari periode Ramadan. Ke depannya, kami akan terus mengoptimalkan berbagai beban usaha, dengan dukungan kinerja yang baik, sebagai hasil investasi kami melakukan integrasi lintas platform dan dalam ekosistem. Kami berharap tren pertumbuhan bisnis yang positif di seluruh segmen bisnis GoTo akan terus berlanjut, seiring langkah mencapai break even sebagai sebuah ekosistem terintegrasi,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper