Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Rawan Koreksi, Cek Saham MEDC, PGAS, AKRA, dan EXCL

IHSG diperkirakan bergerak terkoreksi setelah seminggu lalu IHSG di awal pekan ini, Senin (29/8/2022). Adapun saham yang menarik adalah MEDC, PGAS, AKRA, EXCL.
Karyawan melihat pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (10/8/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Karyawan melihat pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (10/8/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bergerak terkoreksi setelah seminggu lalu IHSG di awal pekan ini, Senin (29/8/2022). Adapun saham yang menarik adalah MEDC, PGAS, AKRA, EXCL.

Direktur MNC Asset Management Edwin Sebayang mengatakan IHSG terkena profit taking alias turun sebesar 0,52 persen sebelumnya.

"Di awal perdagangan minggu ini, IHSG diperkirakan berpeluang melanjutkan kejatuhannya seiring kombinasi cukup tajamnya kejatuhan Indeks DJIA sebesar 3,03 persen," ujar Edwin dalam risetnya, Senin (29/8/2022).

Hal ini setelah Chairman The Fed Jerome Powell mengatakan The Fed tidak kendur menaikkan FFR dalam memerangi inflasi, diiringi  terjadinya penurunan EIDO sebesar 1,55 persen, serta kejatuhan harga beberapa komoditas seperti emas yang turun 1,17 persen dan CPO 2,26 persen di tengah aksi penantian kapan harga BBM dinaikkan serta berapa besar kenaikan harga BBM tersebut.

Di lain pihak, lanjut Edwin, katalis yang berpotensi menahan IHSG tidak jatuh tajam adalah kenaikan harga beberapa komoditas seperti batu bara 3,45 persen, minyak 0,51 persen, dan Nikel 1,34 persen berpotensi menjadi pendorong naik saham-saham di bawah komoditas tersebut.

Adapun Edwin memperkirakan IHSG akan bergerak di rentang 7.056 hingga 7.154 pada perdagangan hari ini.

Edwin merekomendasikan investor untuk mencermati saham MEDC, PGAS, AKRA, EXCL, LSIP, ADMR, ESSA, ERAA, dan UNTR.

Senada , Tim riset MNC Sekuritas pun memperkirakan IHSG ditutup terkoreksi 0,5 persen ke level 7.135 pada perdagangan Jumat (26/8/2022).

"Kami memperkirakan posisi IHSG sedang berada di awal wave [y] dari wave Y pada label hitam atau awal wave (E) pada label merah," tulis Tim Riset MNC Sekuritas.

Hal tersebut berarti IHSG masih rawan melanjutkan koreksinya ke rentang area terdekat di 7.063-7.100 dan koreksi terburuknya diperkirakan akan menguji 6.796-6.961.

Hal ini akan lebih terkonfirmasi apabila IHSG tidak mampu break resistance di 7.200-7.230. Adapun IHSG diperkirakan akan bergerak pada support 7.020-6.900, dengan resistance di level 7.200-7.230.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper