Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Produsen Laptop AXIO Dapat Proyek LKPP, Potensi Raih Rp1 Triliun

Axioo memastikan kesiapan bahan baku, sumber daya manusia, hingga perluasan pabrik untuk memenuhi pengadaan laptop produksi dalam negeri.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 31 Juli 2022  |  13:50 WIB
Produsen Laptop AXIO Dapat Proyek LKPP, Potensi Raih Rp1 Triliun
AXIO
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen laptop merek Axioo, PT Tera Data Indonusa Tbk. (AXIO) menandatangani kontrak payung (frame contract) dengan Kepala Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) terkait konsolidasi pengadaan laptop produk dalam negeri secara nasional tahun anggaran 2022. Perseroan berpotensi meraih kontrak lebih dari Rp1 triliun dari pengadaan ini.

Direktur Utama AXIO Michael Sugiarto mengatakan, kontrak ini merupakan tindak lanjut pemerintah atas peningkatan penggunaan produk dalam negeri, sekaligus dukungan pemerintah kepada industri TIK dalam negeri. Program pengadaan perangkat TIK di tahun ini digadang memiliki alokasi dana pagu sebesar Rp6,3 triliun.

“Axioo sangat siap untuk memenuhi kebutuhan laptop di seluruh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia, karena AXIO telah memenuhi semua kualifikasi yang disyaratkan,” ujar Michael dalam keterangan tertulisnya, dikutip Minggu (31/7/2022).

Dia menjelaskan, AXIO juga telah memenuhi program pengadaan produk dalam negeri yang diadakan pemerintah di tahun-tahun sebelumnya. Tahun lalu, AXIO telah berkontribusi melalui hadirnya Axioo ChromeBook untuk proyek pengadaan nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Di tahun ini, lanjutnya, AXIO kembali siap menghadirkan perangkat TIK dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh pemerintah.

Dari nilai total proyek tersebut, Axioo berpotensi dapat memenuhi Konsolidasi Pengadaan Laptop Produk Dalam Negeri (PDN) di atas Rp1 triliun. Axioo telah memastikan kesiapan bahan baku, sumber daya manusia, hingga perluasan pabrik untuk memenuhi Konsolidasi Pengadaan Laptop PDN.

Axioo menawarkan 2 produk unggulan untuk konsolidasi pengadaan laptop PDN, yaitu Axioo Chromebook untuk peralatan TIK yang dananya bersumber dari DAK Fisik bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2022, dan Axioo MyBook Pro K5 (8N2) untuk kebutuhan administrasi perkantoran yang dananya bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2022 pada masing-masing lembaga atau APBD Tahun Anggaran 2022 pada masing-masing Pemerintah Daerah.

Corporate Secretary AXIO Luhur Budiman mengatakan, pasar retail dan korporasi untuk TIK di Indonesia masih terus berkembang dengan pesat, seiring perkembangan kebutuhan masyarakat Indonesia yang masih mempunyai kepemilikan komputer yang sangat rendah. Axioo terus berkomitmen untuk mengembangkan ekosistem industry TIK, untuk meningkatkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dan memberdayakan industri pendukung dalam rantai pasokan TIK nasional.

“Axioo sebagai brand asli Indonesia berhasil meraih capaian skor tertinggi untuk produk ChromeBook hingga mencapai 52,55 persen dalam pemenuhan TKDN, sehingga Axioo sudah melampaui kriteria dari pemerintah mengenai pemenuhan tingkat kandungan lokal. Selain itu, spesifikasinya juga sudah sesuai standar yang telah ditentukan oleh kebutuhan pemerintah,” ucapnya.

Pengiriman laptop ChromeBook dan laptop administrasi perkantoran ini akan dilaksanakan secepatnya untuk didistribusikan ke sekolah-sekolah dan kantor pemerintah dan Lembaga di seluruh Indonesia, sesuai dengan arahan Presiden RI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

axioo Tera Data Indonusa pengadaan barang dan jasa laptop
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top