Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Meski Laba Tergerus, Indosat (ISAT) Pacu Ekspansi Data Center dan 5G

Manajemen Indosat (ISAT) terus berfokus menyelaraskan dan mentransformasi organisasi, meningkatkan efisiensi biaya, serta mempercepat proses integrasi.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 29 Juli 2022  |  17:02 WIB
Meski Laba Tergerus, Indosat (ISAT) Pacu Ekspansi Data Center dan 5G
Jajaran Direksi Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) pada Jumat (29/7/2022) - Dok.ISAT.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten telekomunikasi PT Indosat Tbk. (ISAT) yang saat ini menjadi entitas dengan nama Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), berkomitmen melanjutkan pertumbuhan, ekspansi dan integrasi usai merger. 

Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Vikram Sinha dalam keterangan resmi mengaku senang dengan pencapaian indikator keuangan dan komersial perseroan yang menunjukkan momentum positif di kuartal II/2022.

“Kami berkomitmen untuk melanjutkan momentum pertumbuhan ini untuk meningkatkan gaya hidup digital pelanggan, yang juga sejalan dengan misi IOH dalam menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (29/7/2022).

Vikram menjelaskan sebagai entitas baru hasil penggabungan pada awal tahun 2022, perseroan resmi menjadi operator telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia.

Oleh karena itu, perseroan terus melanjutkan proses integrasi jaringan dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN) sesuai target dengan dukungan penuh mitra strategis.

“Setelah proses tersebut selesai di akhir tahun ini, para pelanggan IOH akan menikmati pengalaman yang lebih baik untuk mendukung aktivitas dan gaya hidup digital mereka,” jelas Vikram.

Pada kuartal II/2022, dia menjelaskan perseroan bersama Lintasarta dan BDx bekerja sama untuk meluncurkan sebuah perusahaan joint-venture untuk mempercepat transformasi digital Indonesia dengan perusahaan data center baru yang berfokus pada bisnis hyperscale.

Dia juga mengungkapkan bahwa perseroan berperan penting dalam mendukung agenda strategis Indonesia untuk mendorong pemulihan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi dengan menjadi 5G Official Partner Jakarta E-Prix.

ISAT lanjutnya juga akan melakukan peluncuran layanan 5G di Bali dalam waktu dekat, untuk mendukung rangkaian agenda Presidensi G20.

“Manajemen IOH akan terus berfokus untuk menyelaraskan dan mentransformasi organisasi, meningkatkan efisiensi biaya, serta mempercepat proses integrasi, untuk memberikan pengalaman yang luar biasa bagi pelanggan,” ungkapnya.

Sebelumnya, berdasarkan laporan keuangan emiten per 30 Juni 2022, ISAT membukukan peningkatan jumlah pendapatan sebesar 50,40 persen di semester I/2022 menjadi Rp22,53 triliun. Sedangkan pada semester I/2021 membukukan pendapatan sebesar Rp14,98 triliun.

Di mana sumber pendapatan perseroan berasal dari pendapatan selular, kemudian multimedia, komunikasi data, internet (MIDI), serta telekomunikasi tetap. Ketiga sumber pendapatan tersebut tercatat mengalami pertumbuhan pada paruh pertama 2022.

Meski demikian, laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tercatat justru menurun sebesar 41,79 persen menjadi Rp3,26 triliun di kuartal II/2022. Sementara pada periode yang sama di tahun sebelumnya laba perseroan tercatat sebanyak Rp5,60 triliun.

Penyebab turunnya laba ISAT pada semester pertama tahun ini terlihat jumlah beban perseroan yang bertambah signifikan, sehingga meski telah berhasil meningkatkan pendapatan lebih dari 50 persen tidak terefleksi pada laba.

Adapun jumlah beban perseroan meningkat dari Rp7,91 triliun pada semester I/2021 menjadi Rp16,43 triliun alias naik 107,71 persen di semester I/2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indosat data center teknologi 5G Emiten Telekomunikasi
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top