Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Minim Sentimen Positif, Bitcoin Betah Uji Level US$20.000

Pasar kripto belum dapat menguat signifikan pekan ini, karena tidak ada momentum yang bisa mendorong Bitcoin meninggalkan kisaran US$20.000.
Pasar kripto belum dapat menguat signifikan pekan ini, karena tidak ada momentum yang bisa mendorong Bitcoin meninggalkan kisaran US$20.000. /Bloomberg
Pasar kripto belum dapat menguat signifikan pekan ini, karena tidak ada momentum yang bisa mendorong Bitcoin meninggalkan kisaran US$20.000. /Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Pasar aset kripto belum memiliki katalis positif yang dapat mengerek naik harga-harganya. Seiring dengan hal tersebut, Bitcoin masih akan terus menguji level US$20.000.

Melansir situs CoinMarketCap higga pukul 12.30 WIB, 10 aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar terpantau terkoreksi dalam 24 jam terakhir. Nilai Bitcoin tercatat turun 1,32 persen ke US$21.167,17 per keping.

Terkait hal tersebut, Trader Tokocrypto, Afid Sugiono, mengatakan pasar kripto pada awal pekan masih terus bergerak sideways, meski sedikit melemah di tengah tipisnya volume trading selama akhir pekan lalu.

“Dari pergerakkan market kripto masih datar saja. Ini diperkirakan akan terus berlangsung lama. Salah satu penyebab market terus sideways di antaranya investor terus berulang melakukan aksi profit taking, saat harga sedikit naik, mumpung kinerja pasar kripto pekan lalu berada di teritori positif,” kata Afid dikutip dari laman resmi Tokocrypto, Senin (27/6/2022).

Afid melanjutkan, investor juga masih berada pada fase priced in dalam melihat dinamika makroekonomi yang terjadi selama sepekan belakang. Niat The Fed untuk mengerek suku bunga acuannya dengan kencang di masa depan membuat banyak aset kripto semakin berkorelasi kuat dengan kondisi makroekonomi dalam sembilan bulan terakhir.

Menurutnya, dalam beberapa waktu ke depan belum ada momentum yang baik untuk market bergerak bullish. Apalagi, ekonom Wall Street meramalkan bahwa resesi ekonomi bisa terjadi dalam kurung waktu 12 bulan mendatang. Ramalan ini memberikan sinyal antisipasi bagi pelaku pasar, mengantisipasi efek samping kebijakan moneter agresif The Fed.

Seiring dengan hal tersebut, Afid memprediksi pasar kripto belum dapat menguat signifikan pekan ini, karena tidak ada momentum yang bisa mendorong Bitcoin meninggalkan kisaran US$20.000 per keping.

“Bitcoin akan mengalami test support berkali-kali, di mana harganya bisa jadi akan berada di level US$ 19.800 hingga US$17.000 dalam beberapa waktu ke depan. Dari analis teknikal, prospek bullish belum bisa terihat. Untuk bergerak bullish, Bitcoin harus melewati level resistance di titik US$23.000,” jelas Afid.

Jika dilihat dari sisi teknikal, BTC sendiri memiliki peluang untuk melanjutkan penguatannya sampai ke area US$22.400 hingga US$22.700 selama pekan ini. Kenaikan harga kripto yang terjadi nantinya hanya bersifat prematur, karena belum ada sentimen positif yang kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper