Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apa Itu Pump and Dump di Aset Kripto? Hati-Hati Terra Luna Jilid Dua

Fluktuasi ekstrim Terra Luna dalam dua hari terakhir mirip dengan praktik pump and dump. Apa itu?
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 16 Mei 2022  |  10:19 WIB
Apa Itu Pump and Dump di Aset Kripto? Hati-Hati Terra Luna Jilid Dua
Tangkapan layan harga token Terra Luna di situs Coinbase pada Jumat, 8 April 2022. Harga aset ini anjlok hingga 99,98 persen hingga menyentuh 0.00003618 pada Jumat (13/5/2022). - Bloomberg
Bagikan

Cara Kerja Pump and Dump

Setelah mengulas tentang apa itu pump and dump, selanjutnya mari membahas tentang cara kerjanya ini. Dalam pump and dump ada beberapa peran yang terlibat, yakni hodler dan trader. Tugas pengumpul adalah membeli aset kripto ketika harganya turun.

Kegiatan ini dilakukan selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Begitu jumlah koin yang dikumpulkan cukup banyak. Para hodlers mulai menyebar ke beberapa chatroom dan menimbulkan keresahan dengan cara mengatakan harga koin yang dikumpulkan sedang naik.

Kurangnya jumlah koin di pasaran akibat penimbunan yang dilakukan oleh para hodler mau tidak mau membuat harga koin benar-benar naik. Para pemula atau pemilik modal kecil biasanya tertarik dengan benda-benda langka seperti ini, sehingga tertarik ikut-ikutan membeli koin.

Begitu nilai koin dianggap berada di posisi paling tinggi, para pemain mulai memainkan peran mereka dengan menjual koin yang diperoleh dari para hodler sedikit demi sedikit. Pada saat inilah proses dump (membuang) terjadi. Begitu pemain keluar, kondisi pasar mulai tidak stabil.

Koin yang sebelumnya langka semakin mudah ditemukan sehingga harganya makin lama makin turun. Ketika penjual panik, harga koin pun turun drastis. Dampaknya, mereka yang bermodal kecil akan mengalami kerugian. Sedangkan para pemain yang notabene bermodal besar, akan mendapatkan keuntungan berlipat.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
  3. 3

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cryptocurrency aset kripto Kripto Terra LUNA
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top