Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PTPP Rampungkan Bendungan Lolak Sulawesi Utara Bulan Depan

PTPP optimistis proyek pembangunan Bendungan Lolak dapat dituntaskan sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh Kementerian PUPR.
Aktivitas proyek konstruksi gedung bertingkat yang dikerjakan PT PP (Persero) Tbk. di Jakarta, Rabu (16/2/2022). Bisnis/Arief Hermawan P
Aktivitas proyek konstruksi gedung bertingkat yang dikerjakan PT PP (Persero) Tbk. di Jakarta, Rabu (16/2/2022). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten BUMN karya, PT PP (Persero) Tbk. (PTPP) akan menyelesaikan pekerjaan proyek pembangunan Bendungan Lolak di Sulawesi Utara pada 2022 ini.

Proyek pembangunan Bendungan Lolak merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dari 45 Proyek Bendungan yang dicanangkan oleh Pemerintah.

Hal tersebut karena letak atau posisi Bendungan Lolak masuk ke dalam area pengembangan Kawasan Industri Bolang Mongondow yang dapat menggerakkan roda perekonomian di Provinsi Sulawesi Utara.

Proyek Bendungan Lolak yang dimiliki oleh Kementerian PUPR ini berlokasi di Desa Pindol, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara.

Bendungan tersebut berjarak kurang lebih 210-kilometer dari Kota Manado, secara wilayah Sungai termasuk ke dalam Wilayah Sungai Domuga-Sangkup.

Sekretaris Perusahaan PTPP Yuyus Juarsa yakin proyek pembangunan Bendungan Lolak ini dapat dituntaskan sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh Kementerian PUPR.

"Sampai dengan pekan pertama April, progress Bendungan Lolak telah mencapai 96 persen, penyelesaian pembangunan proyek tersebut ditargetkan pada Mei 2022. Kehadiran bendungan dengan tipe Zonal Inti Tegak dan memiliki daya tampung hingga 6,1 juta per meter kubik ini memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk Provinsi Sulawesi Utara," ungkapnya, Selasa (19/4/202).

Menurutnya, seluruh pembangunan fasilitas Bendungan Lolak yang dikerjakan oleh PTPP merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan dalam mewujudkan loyalitas dalam membangun negeri ini.

Adapun lingkup pekerjaan proyek yang dilakukan oleh PTPP untuk pembangunan Paket I, antara lain pekerjaan galian, pekerjaan timbunan bendungan utama, pekerjaan temporary cofferdam, pekerjaan timbunan main cofferdam, dan pekerjaan instrumentasi.

Sedangkan lingkup pekerjaan untuk Paket II, yaitu pekerjaan timbunan bendungan utama, pekerjaan bangunan pengelak, pekerjaan bangunan pelimpah, pekerjaan bangunan intake, pekerjaan perkuatan tumpuan kiri, pekerjaan saddle dam I dan II, pekerjaan relokasi jalan & jembatan provinsi, dan pekerjaan hidromekanikal.

Proyek pembangunan Bendungan Lolak Paket I dikerjakan sendiri oleh PTPP selaku kontraktor utama, sedangkan untuk Paket II dikerjakan oleh PTPP dengan membentuk Kerja Sama Operasi (KSO) bersama dengan ASHFRI.

Bendungan Lolak akan banyak memberikan manfaat, di antaranya berfungsi sebagai penyediaan air irigasi daerah seluas 2.214 hektare. Selain itu, bendungan tersebut juga akan menjadi sumber penyediaan air baku 500 liter per detik.

Bendungan Lolak juga berfungsi sebagai pembangkit listrik dari air keluaran (outflow) waduk dengan potensi listrik sebesar 2.43 MW, pengendali banjir dimana dapat mereduksi debit banjir sebesar 12 persen.

Tidak hanya itu, Bendungan Lolak diperkirakan akan menjadi destinasi tempat pariwisata baru di daerah Bolang Mondow dan lahan ex borrow dapat dimanfaatkan menjadi Hutan Buah produktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper