Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mitratel (MTEL) Gaet Sister Company Perluas Ekspansi Fiber Optic

Mitratel melakukan kerja sama proses desain, implementasi sampai dengan operasional dan pemeliharaan jaringan fiber optik dengan PT Telkom Akses.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 04 April 2022  |  18:36 WIB
Mitratel (MTEL) Gaet Sister Company Perluas Ekspansi Fiber Optic
Seremoni pencatatan saham perdana PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. (MTEL) atau Mitratel di Bursa Efek Indonesia, Senin (22/11/2021). - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten menara telekomunikasi BUMN, PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. (MTEL) atau Mitratel melanjutkan pengembangan jaringan fiber optik melalui kerja sama dengan sister company.

Mitratel melakukan kerja sama proses desain, implementasi sampai dengan operasional dan pemeliharaan jaringan fiber optik dengan PT Telkom Akses.

Telkom Akses adalah salah satu anak perusahaan Telkom yang bergerak di bidang konstruksi pembangunan dan manage service infrastruktur jaringan fiber optic.

Direktur Utama Mitratel Theodorus A. Hartoko menjelaskan kerja sama ini sebagai upaya memperkuat Mitratel sebagai penyedia menara yang memiliki diversifikasi portofolio baru yaitu fiberisasi tower yang sesuai dengan kebutuhan dari mobile network operator (MNO).

Tujuan akhirnya menjadikan Mitratel sebagai digital infrastructure company (InfraCo) sekaligus independent fiber lease provider (FLP).

“Tentunya ini semakin memantapkan langkah Mitratel mengembangkan portfolio fiberisasi yang merupakan bagian dari kesiapan Mitratel sebagai penyedia infrastruktur digital unggulan untuk mendorong tumbuhnya ekonomi digital di Indonesia," jelasnya dalam keterangan pers, Senin (4/4/2022).

Penguatan portfolio fiber lanjutnya, semakin memperkuat basis fundamental bisnis Mitratel ke depan. Hal ini akan menjadi mesin pendapatan berikutnya bagi Mitratel dalam mengoptimalkan nilai Mitratel di antara persaingan pasar.

Dia berharap perjanjian kerja sama yang ditandatangani ini dapat mendorong Mitratel menjadi salah satu penyedia jaringan fiber optic terbesar bagi operator telekomunikasi seluler di Indonesia.

Direktur Utama Telkom Akses I Ketut Budi Utama menyampaikan kesiapannya untuk memberikan dukungan yang terbaik untuk Mitratel dengan pengalaman dan kapabilitas yang dimiliki Telkom Akses.

Melalui sinergi dengan PT Telkom Akses yang telah memiliki portofolio dan kapabilitas dalam penggelaran dan operasional jaringan fiber optic terbesar di Indonesia yang disiapkan untuk Telkom Group.

Kerja sama dengan Telkom Akses ini tidak hanya akan mengakselerasi proses pemasangan jaringan fiber optic tetapi juga mengoptimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki oleh Telkom Akses.

Mitratel sangat yakin hal tersebut akan memberikan dampak positif dalam mengakselerasi pasar dari portofolio jaringan fiber optic Mitratel.

Melalui kerjasama ini Mitratel akan mengoptimalkan sinergi kekuatan infrastruktur dan kompetensi Telkom Group yang sangat lengkap meliputi digital connectivity, digital platform dan digital services.

Hingga Desember 2021 sejumlah 11.851 tower dari total lebih dari 28.206 tower Mitratel telah tersambung dengan jaringan fiber optic. Saat ini tengah dibangun 6.000 kilometer tambahan jaringan baru di 5 provinsi yang akan semakin mempercepat pemenuhan kebutuhan para operator telekomunikasi untuk mengimplementasikan 5G di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkom mitratel emiten menara
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top