Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak Imbas IPO GOTO, Bagi ARTO, MPPA, MLPL, dan BIRD

IPO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. ke pasar modal dinilai bakal berdampak terhadap saham-saham afiliasi calon emiten bisnis rintisan teknologi tersebut seperti ARTO, MPPA, MLPL, dan BIRD.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 17 Maret 2022  |  08:41 WIB
CEO Grup GoTo Andre Soelistyo dalam acara paparan publik IPO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo), Selasa (15/3 - 2022).
CEO Grup GoTo Andre Soelistyo dalam acara paparan publik IPO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo), Selasa (15/3 - 2022).

Bisnis.com, JAKARTA - IPO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. ke pasar modal dinilai bakal berdampak terhadap saham-saham afiliasi calon emiten bisnis rintisan teknologi tersebut seperti ARTO, MPPA, MLPL, dan BIRD.

Deputy Head of Research Sinarmas Sekuritas Ike Widiawati menuturkan investor bakal melirik saham-saham emiten afiliasi GoTo jika saat masa penawaran tidak mendapatkan jatah saham GoTo.

Adapun, terdapat sejumlah emiten yang sudah melantai di pasar modal terafiliasi dengan calon emiten raksasa teknologi tersebut.

Berdasarkan penelusuran Bisnis.com, terdapat setidaknya terdapat 6 emiten yang terafiliasi dengan GoTo, yakni ASII dan TLKM yang menjadi investor di GoTo, sedangkan ARTO, MPPA, MLPL, dan BIRD menjadi emiten yang sahamnya turut dipegang oleh GoTo.

"Jika IPO GoTo oversubscribed dan jika saat di pasar regulernya investor masih belum bisa mendapatkan saham GoTo maka ada kemungkinan para investor tersebut akan masuk ke saham-saham yang menjadi afiliasi dari GoTo," urainya kepada Bisnis, Rabu (16/3/202).

Dia melanjutkan saham afiliasi GoTo yang memiliki fundamental paling solid yakni ASII dan TLKM. Kendati demikian, ASII masih menghadapi beberapa tantangan terkait adanya krisis chip dan suku cadang.

Selain itu, pergerakan saham afiliasi GoTo lain seperti MLPL dan MPPA sempat mencapai level paling tingginya di tengah tahun 2021.

Adapun, saham BIRD cenderung mengalami tren penurunan sejak 2018 karena tertekannya kinerja BIRD yang terdampak pandemi cukup signifikan.

"Saya melihat untuk MLPL, MPPA dan BIRD secara fundamental sudah cukup price in," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ipo multipolar Blue Bird tokopedia Gojek bank jago Goto
Editor : Pandu Gumilar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top