Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Upaya Garuda Indonesia (GIAA) untuk Dukung MotoGP Mandalika

Garuda Indonesia (GIAA) akan meningkatkan frekuensi dan rute penerbangan menuju Bandara Lombok Praya.
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira (depan) melaju di depan para pembalap lainnya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). /Antar Foto-Andika Wahyu-YUrn
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira (depan) melaju di depan para pembalap lainnya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). /Antar Foto-Andika Wahyu-YUrn

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten maskapai full service, PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) bakal meningkatkan frekuensi dan rute penerbangan menuju Bandara Lombok Praya guna mendukung helatan MotoGP di Pertamina Mandalika International Circuit pada Maret 2022 mendatang.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan pembukaan rute Surabaya – Lombok tersebut juga merupakan bentuk partisipasi aktif Garuda Indonesia sebagai national flag carrier mendukung upaya pemulihan ekonomi melalui sektor perekonomian daerah maupun pariwisata setempat.  

Emiten berkode GIAA ini membuka dua rute ke Lombok, yakni Jakarta-Lombok dan Surabaya-Lombok. Kendati terdapat potensi peningkatan penumpang, perseroan belum menghitung dampak lonjakan tersebut terhadap pendapatan.

"Kami belum hitung dampaknya ke pendapatan, hanya ingin memastikan bahwa yang berminat ke Lombok dapat difasilitasi, itu lebih penting," urainya kepada Bisnis, Selasa (15/2/2022)

Garuda Indonesia, terangnya, berkomitmen mendukung pelaksanaan MotoGP di Mandalika ini secara habis-habisan.

Bahkan, Irfan sudah meminta maaf terlebih dahulu kepada calon penumpang pada tanggal pelaksanaan MotoGP, Garuda Indonesia akan memfokuskan lebih banyak penerbangan menuju Lombok.

"Pada tanggal menjelang MotoGP atau 20 Maret 2022, kami akan tingkatkan jumlah penerbangan. Saat ini sudah ditingkatkan dan akan ditingkatkan lagi," paparnya.

Pada hari H pelaksanaan MotoGP 20 Maret 2022, Garuda Indonesia akan meningkatkan frekuensi penerbangan menuju Lombok karena menyadari banyak yang hadir untuk menonton balapan MotoGP dan kembali ke rumah pada malam harinya.

"Ini akan cukup sibuk, ketika menyampaikan ke Garuda semua sudah sangat siap dan excited bisa terbang ke lombok pagi-pagi dan kembali lagi," urainya.

Selaras dengan dukungan pada gelaran MotoGP di Mandalika,  Garuda Indonesia melalui lini usaha biro perjalanan wisata yaitu Aero Globe Indonesia juga meluncurkan program paket perjalanan wisata “Mandalika MotoGP” sebagai bentuk dukungan kesuksesan jelang gelaran ajang balap motor internasional MotoGP di kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Melalui program “Mandalika MotoGP” tersebut para pengguna jasa dapat menikmati paket perjalanan wisata yang dilayani dari Jakarta 5 hari 4 malam dan 4 hari 3 malam termasuk tiket masuk MotoGP dengan harga yang kompetitif.

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia pada Kamis (10/2/2022) mulai melayani rute penerbangan Surabaya – Lombok.  

Pengoperasian rute penerbangan Surabaya – Lombok tersebut selaras dengan komitmen berkelanjutan Garuda Indonesia dalam mendukung pengembangan Mandalika, Lombok sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang turut menjadi salah satu destinasi wisata prioritas nasional.

Adapun layanan penerbangan Surabaya – Lombok tersebut dilayani dua kali setiap minggunya yaitu pada Kamis dan Minggu dengan nomor penerbangan GA 440  yang diberangkatkan dari Bandara Internasional Juanda, Surabaya pada pukul 09.55 waktu setempat dan tiba Bandara Internasional Lombok pada pukul 12.00 waktu setempat.

Selanjutnya, penerbangan ke Surabaya dilayani dengan GA 441 diberangkatkan dari Bandara Internasional Lombok pada pukul 12.45 WITA waktu setempat dan tiba di Bandara Internasional Juanda pada pukul 12.55 WIB.

"Dibukanya rute penerbangan ini juga turut kami selaraskan dengan momentum gelaran event internasional di Lombok, yakni MotoGP yang akan dilaksanakan pada Maret mendatang di Mandalika. Dibukanya rute penerbangan ini kami harapkan juga dapat memberikan ragam pilihan yang masyarakat yang akan menyaksikan langsung gelaran MotoGP di Mandalika, Lombok," jelas Irfan.

Irfan menjelaskan dalam upaya memenuhi kebutuhan aksesibilitas layanan penerbangan menuju Lombok jelang gelaran MotoGP pada Maret mendatang, Garuda Indonesia secara berkala akan terus melihat perkembangan trend pergerakan penumpang menuju Lombok.

Hal ini guna mengantisipasi adanya kebutuhan penambahan frekuensi dari rute-rute yang dilayani Garuda Indonesia dengan destinasi tujuan Lombok.

Dengan dilayaninya penerbangan Surabaya – Lombok, saat ini Garuda Indonesia melayani sedikitnya 9 rute penerbangan dari dan menuju Lombok setiap minggunya yang diberangkatkan dari kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan Lombok.

Adapun layanan penerbangan tersebut dioperasikan dengan menggunakan armada B737-800 berkapasitas 12 Bisnis dan 141 Ekonomi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper