Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

2022 Jadi Tahun Menantang bagi Emiten Rokok HMSP & GGRM, Ini Sebabnya

Pendapatan emiten rokok seperti Gudang Garam dan HM Sampoerna diprediksi lebih rendah sekitar 3-4 persen akibat adanya tarif cukai baru pada 2022.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 29 Desember 2021  |  12:37 WIB
Presiden Direktur PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) Mindaugas Trumpaitis saat paparan publik, Kamis (9/9 - 2021). Bisnis/Dwi Niken Tari.
Presiden Direktur PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) Mindaugas Trumpaitis saat paparan publik, Kamis (9/9 - 2021). Bisnis/Dwi Niken Tari.

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten-emiten rokok, terutama produsen tier 1 diperkirakan akan terus menghadapi tantangan pada 2022.

Analis BRI Danareksa Sekuritas Natalia Sutanto mengatakan, dengan tarif cukai baru pada 2022, pihaknya menghasilkan perhitungan pendapatan yang lebih rendah 3 hingga 4 persen untuk emiten rokok seperti PT Gudang Garam Tbk. (GGRM) dan PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP).

"Kami berharap perusahaan-perusahaan ini mengenakan cukai yang lebih tinggi untuk mempertahankan margin," kata Natalia dalam risetnya, dikutip Rabu (29/12/2021).

Dia melanjutkan, pemerintah bertekad mengurangi konsumsi rokok, dengan menargetkan produksi rokok berkurang 3 persen pada 2022. Di sisi lain, pemerintah tetap mendukung produk sigaret kretek tangan (SKT) mengingat sifatnya padat karya.

Selain itu, pemerintah juga berupaya mempertahankan kelangsungan hidup produsen rokok di bawah tier 1, dengan memberikan dukungannya ke petani tembakau.

Adapun menurutnya, memasuki 2022, katalis positif datang dari ekspektasi bahwa Covid-19 varian Omicron bergejala ringan dan tidak terlalu mengancam. Dengan demikian, pemulihan ekonomi dapat berlanjut pada 2022.

"Namun, dengan tantangan yang terus berlanjut, kami mempertahankan sikap netral kami di sektor rokok," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hm sampoerna emiten rokok gudang garam
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top