Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

WIKA Bentuk Badan Usaha Pelaksana Bandara Hang Nadim Batam

WIKA, AP I, dan Incheon membentuk Badan Usaha Pelaksana di Bandara Batam.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 23 Desember 2021  |  16:51 WIB
WIKA Bentuk Badan Usaha Pelaksana Bandara Hang Nadim Batam
Bandara Internasional Hang Nadim Batam. - Bisnis/Bobi Bani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten BUMN kontraktor PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. bersama PT Angkasa Pura I dan Incheon International Airport Corporation (IIAC) membentuk Badan Usaha Pelaksana (BUP) bernama PT Bandara Internasional Batam.

Pembentukan BUP itu merupakan tindak lanjut kewajiban pemenang tender Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Bandara Hang Nadim Batam.

“Pembentukan BUP ini dilakukan untuk menjalankan kegiatan usaha di bidang kebandarudaraan dalam rangka pelaksanaan kewajiban sebagai pemenang tender Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Bandara Hang Nadim Batam,” tulis Sekretaris Perusahaan Wijaya Karya Mahendra Vijaya dalam keterbukaan informasi, dikutip Kamis (23/12/2021).

Di dalam BUP tersebut, emiten dengan kode saham WIKA memegang kepemilikan porsi saham sebesar 19 persen, Angkasa Pura I sebesar 51 persen, dan IIAC sebesar 30 persen.

Adapun, pembentukan BUP ini disebut baka membawa dampak positif bagi WIKA dengan tambahan portofolio bisnis di bidang kebandarudaraan.

WIKA telah memeroleh penunjukan dari Panitia Pengadaan Proyek KPBU Bandara Hang Nadim di bawah Badan Pengusahaan Kawasan Batam (BP Batam) pada Juli 2021. Di sana, WIKA akan melaksanakan kegiatan manajemen infrastruktur bandara dan penunjangnya.

Sebelumnya, Mahendra menjabarkan bahwa strategi perseroan menjalankan kegiatan usaha di bidang kebandarudaraan merupakan salah satu upaya pengembangan bisnis.

Pasalnya, usaha bandar udara memiliki potensi dan fungsi sebagai akses perhubungan internasional. Dengan mengelolanya, WIKA diharapkan dapat menambah portofolio proyek strategis.

Adapun, manfaat lainnya yang akan diterima WIKA dari lini usaha baru ini adalah perolehan omzet kontrak (OK) konstruksi atas hak right to match, potensi mendapat pendapatan berulang selama masa kerjasama, potensi aset recycling, hingga mendapatkan transfer pengetahuan dalam bisnis aviasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batam BUMN bandara wijaya karya angkasa pura i
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top