Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kurangi Emisi Karbon, Pan Brothers (PBRX) Pasang Panel Surya di 4 Pabrik

Pemasangan solar panel ini rencananya akan diselesaikan pada kuartal IV/2021, dengan kapasitas sampai 2,554 kWp (kilowattpeak) di empat pabrik PBRX.
Proses penjahitan produk tekstil di pabrik PT Pan Brothers Tbk. /panbrotherstbk.com
Proses penjahitan produk tekstil di pabrik PT Pan Brothers Tbk. /panbrotherstbk.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pan Brothers Tbk. (PBRX) bekerja sama dengan PT Xurya Daya Indonesia melakukan instalasi solar panel tahap pertama. Adapun Xurya Daya dikenal sebagai pionir instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap tanpa investasi. 

Pemasangan solar panel ini rencananya akan diselesaikan pada kuartal IV/2021, dengan kapasitas sampai 2,554 kWp (kilowattpeak) di empat pabrik perseroan, yaitu dua pabrik di Boyolali, satu pabrik di Sragen dan satu pabrik di Cikande.

Dari instalasi solar panel ini, PBRX dan entitas udaha diharapkan dapat mereduksi kurang lebih 63 juta kg karbon emisi (CO2e) per 30 tahun atau 2,1 juta per tahunnya. Program ini akan dilanjutkan dengan instalasi tahap kedua yang rencananya akan dilakukan pada kuartal I/2022 terhadap 5 pabrik lainnya di Tangerang, Sragen, Klego dan Sambi, yang diperkirakan akan memberikan hasil sama seperti pada tahap pertama.

Saat ini PT Prima Sejati Sejahtera, salah satu anak usaha Pan Brothers telah mengoperasikan solar panel fase 1 pada tahap pertama yang berlokasi di Boyolali dengan kapasitas 368 kWp.

Vice CEO PT Pan Brothers Tbk & Grup Anne Patricia Sutanto mengatakan, inisiatif tersebut merupakan salah satu komitmen perseroan dan grup untuk menjadi pionir dalam mendukung program pemerintah, sehubungan dengan sustainability dan program untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2060.

"Perseroan dan Grup juga berkomitmen untuk mengurangi separuh emisi gas rumah kaca (GRK) pada tahun 2030 melalui beberapa proyek seperti instalasi solar panel, peningkatan sumber energi terbarukan, proyek Zero Waste Management, ekonomi sirkuler, dan teknologi yang hemat energi," kata Anne dalam keterangan resminya dikutip Senin (6/11/2021).

Dia melanjutkan, reduksi emisi gas rumah kaca (GRK) untuk meminimalkan dampak dari risiko perubahan iklim dan pemanasan global, menjadi sangat penting untuk keberlanjutan kehidupan.

Menurutnya, panel surya adalah salah satu pilihan energi alternatif yang dapat menjadi solusi untuk Indonesia sekarang ini.

"Potensi ini dimanfaatkan dengan sangat baik oleh PBRX dengan memaksimalkan penggunaan solar panel di seluruh fasilitasnya. Sudah sepatutnya kita semua mendukung terwujudnya lingkungan yang bersih dan bebas dari polusi," tutur dia.

Sejalan dengan hal itu, VP Marketing Xurya Daya Indonesia George Hadi Santoso mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi komitmen Pan Brothers untuk beralih ke energi terbarukan melalui instalasi PLTS Atap di seluruh fasilitasnya.

"Kami berharap lebih banyak perusahaan di Indonesia yang mengikuti jejak Pan Brothers, untuk membantu mengurangi pemanasan global dalam membangun masa depan yang lebih baik buat Indonesia,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper