Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Banyak Aset Kripto Terpercaya, Kenapa Pilih yang Bandel?

Calon investor harus banyak belajar hingga paham seluk-beluk aset kripto dengan segala risikonya
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 30 November 2021  |  04:00 WIB
Banyak Aset Kripto Terpercaya, Kenapa Pilih yang Bandel?
Ilustrasi Mata Uang Kripto Bitcoin - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Banyaknya pilihan aset kripto saat ini, membuat analis menyarankan investor untuk memilih aset lokal yang telah mengantongi izin dari lembaga yang berkepentingan.

Ditambah baru-baru ini Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membagikan daftar entitas aset kripto ilegal, yang melakukan kegiatan tanpa izin dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Founder Traderindo.com, Wahyu Laksono mengungkapkan saat ini banyak aset kripto yang bisa dijadikan sebagai instrumen investasi penipuan kepada investornya, sehingga dia mengungkapkan untuk mempermudah investor lebih baik mengikuti regulasi yang ada, baik dari OJK maupun Bappebti.

“Jadi biar mudah ya ikuti saja regulasi OJK dan Bappebti. Di luar itu [instrumen aset kripto] ya ilegal,” terangnya kepada Bisnis, Senin (29/11/2021).

Aset kripto yang legal, menurut Wahyu adalah aset yang berada di bursa yang legal, pialang legal yang memiliki izin trading aset kripto, dan aset kripto itu sendiri juga sudah diakui.

Jika mengikuti hal tersebut, dia mengungkapkan bahwa sejauh ini berinvestasi di aset kripto tidak ada masalah. Penghentian aset kripto yang ilegal dari Satgas Waspada Investasi OJK itu, menurutnya, akan menertibkan perusahaan aset kripto yang bandel. 

Lebih lanjut, Wahyu menyampaikan kalau untuk melakukan real investment di aset kripto, calon investor harus banyak belajar hingga paham seluk-beluk kripto dengan segala risikonya. Sementara untuk investor pemula, dia menyarankan untuk mengikuti regulasi yang ada.

“Kalau trading kripto untuk awam lebih baik ikuti lokal yang legal, itu pun enggak gampang,” ungkapnya.

Di mana menurutnya harga dari aset kripto tidak ada yang fundamental, yang berbeda ketika berinvestasi mata uang atau komoditas, sehingga harga dari aset kripto bisa sangat volatil dan juga liar.

Menurutnya, investor yang cocok berinvestasi pada aset kripto adalah investor yang sadar risiko dan bertujuan untuk membeli aset dalam jangka waktu medium atau panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cryptocurrency mata uang kripto aset kripto
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top