Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Telkom (TLKM) Raih TOP BUMN Awards 2021, Sinyal Kuat Raja Telko RI

Telkom Indonesia saat ini masih menjadi perusahaan telekomunikasi terbesar di Tanah Air. 
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 30 November 2021  |  14:55 WIB
Fita, aplikasi kesehatan dari Telkomsel.
Fita, aplikasi kesehatan dari Telkomsel.

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten telekomunikasi BUMN, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM), meraih penghargaan dalam ajang Bisnis Indonesia TOP BUMN Awards 2021 yang berlangsung pada Selasa (30/11/2021).

Telkom Indonesia menyabet penghargaan TOP BUMN Awards 2021 untuk kategori TOP Corporate BUMN’ untuk kategori public company non-financial sector with asset above Rp15 Trillion.

Emiten berkode saham TLKM itu merupakan perusahan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Jaringan menara, serat optik, serta BTS perseroan mencakup ke seluruh pelosok negeri.

TLKM saat ini masuk ke dalam jajaran emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan Rp411,11 triliun.

Berdasarkan laporan keuangan per 30 September 2021 yang tidak diaudit, emiten berkode TLKM tersebut mengantongi pendapatan Rp106,04 triliun atau naik 6,1 persen dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp99,94 triliun.

Tercatat, pendapatan data, internet, dan jasa teknologi informatika Rp60,24 triliun per kuartal III/2021 atau naik 6,71 persen dari Rp56,45 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

Secara detail, pendapatan Indihome senilai Rp19,63 triliun atau tumbuh 21,84 persen dari Rp16,11 triliun pada periode yang sama tahun lalu. Pendapatan jaringan naik menjadi Rp1,39 triliun untuk periode Januari 2021 — September 2021.

Emiten telekomunikasi pelat merah itu pun mencetak kenaikan laba bersih menjadi Rp18,87 triliun per akhir September 2021 atau tumbuh 13,14 persen dibandingkan dengan Rp16,67 triliun periode yang sama tahun lalu.

Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah menjelaskan bahwa investasi Telkomsel di Gojek pada November 2020 dan Mei 2021 telah memperkuat inisiatif strategis kedua perusahaan dalam memberikan manfaat baru bagi penggunanya serta mendukung percepatan digitalisasi di sektor UMKM.

"Sejauh ini, Telkomsel telah mencatatkan capital gain mencapai Rp350 miliar. Dari sisi pertumbuhan bisnis, investasi di Gojek juga memperlihatkan hasil yang positif jika dilihat dari pertumbuhan kuartal III/2021 dibandingkan dengan kuartal I/2021," urainya.

Ririek mencontohkan ARPU driver yang menjadi user paket kolaborasi swadaya meningkat sebanyak 4 persen. Selain itu, driver yang menjadi reseller Telkomsel tumbuh meningkat mencapai 51 persen yang diikuti dengan kenaikan jumlah transaksi sebesar 97 persen.

Selanjutnya, terdapat pertumbuhan merchant GoFood yang menggunakan MyAds melalui aplikasi Gobiz naik sebesar 146 persen. Dengan demikian, selain memberikan dampak di masyarakat, juga berkontribusi positif pada pertumbuhan bisnis Telkomsel.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

saham bursa efek indonesia telkomsel telekomunikasi telkom Kinerja Emiten
Editor : M. Nurhadi Pratomo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top