Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investor Ragukan Dampak Pelepasan Cadangan, Harga Minyak Melemah Tipis

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Januari turun tipis 6 sen atau 0,07 persen ke level US$82,25 per barel.
Kilang minyak lepas pantai di Skotlandia/Bloomberg-Jason Alden
Kilang minyak lepas pantai di Skotlandia/Bloomberg-Jason Alden

Bisnis.com, JAKARTA – Harga minyak mentah melemah tipis pada perdagangan Rabu (24/11/2021), karena investor mempertanyakan efektivitas pelepasan minyak dari cadangan strategis yang dipimpin Amerika Serikat dan mengalihkan fokus mereka ke bagaimana para produsen akan merespons.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Januari turun tipis 6 sen atau 0,07 persen ke level US$82,25 per barel. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman Januari ditutup melemah 11 sen atau 0,14 persen ke US$78,39 per barel.

AS mengatakan akan melepaskan jutaan barel minyak dari cadangan strategis berkoordinasi dengan China, India, Korea Selatan, Jepang dan Inggris untuk mencoba mendinginkan harga setelah OPEC+ mengabaikan seruan untuk memompa lebih banyak pasokan minyak.

“Jepang akan melepaskan ‘beberapa ratus ribu kiloliter’ minyak dari cadangan nasionalnya, tetapi waktunya belum diputuskan,”kata menteri industri Koichi Hagiuda, Rabu (24/11/2021).

Beberapa negara belum mengambil posisi membantu dalam hal harga minyak dan gas, kepala Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan pada Rabu (24/11/2021), menyebutkan tidak cukup pasokan mencapai konsumen.

Para analis mengatakan dampak terhadap harga kemungkinan tidak akan berlangsung lama setelah bertahun-tahun penurunan investasi dan pemulihan global yang kuat dari pandemi Covid-19.

Pelepasan terkoordinasi dapat menambah sekitar 70 juta hingga 80 juta barel pasokan minyak mentah, lebih kecil dari lebih dari 100 juta barel yang telah diperkirakan pasar, kata analis di Goldman Sachs.

"Pada model perkiraan harga kami, pelepasan seperti itu akan bernilai kurang dari 2 dolar AS per barel, secara signifikan kurang dari penjualan 8 dolar AS per barel yang terjadi sejak akhir Oktober," kata bank dalam catatan berjudul "a drop in the ocean".

JPMorgan Global Commodities Research mengatakan dampak apapun pada harga minyak dari pelepasan minyak mentah mungkin tidak akan bertahan lama. Pialang juga memperkirakan permintaan minyak global akan melampaui level 2019 pada Maret 2022.

Sementara perhatian sekarang telah beralih ke bagaimana Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya akan bereaksi terhadap pelepasan cadangan bersama, sumber mengatakan kelompok itu tidak membahas penghentian sementara peningkatan produksi minyak untuk saat ini.

Kelompok itu akan mengadakan dua pertemuan minggu depan untuk menetapkan kebijakan, kata sumber.

Jeffrey Halley, analis pasar senior di OANDA, mengatakan langkah untuk memanfaatkan penyimpanan adalah "keajaiban sekali dan pasar merespons dengan tepat".

Stok minyak mentah AS naik 1 juta barel pekan lalu, Badan Informasi Energi AS (EIA) mengatakan, dibandingkan dengan ekspektasi analis untuk penurunan 481.000 barel.

Stok minyak mentah AS di Cadangan Minyak Strategis turun pekan lalu menjadi 604,5 juta barel, terendah sejak Juni 2003.

"Sementara persediaan minyak mentah ditambah 1 juta barel, persediaan minyak mentah di Cadangan Minyak Strategis turun 1,6 juta barel dan seiring dengan berlanjutnya penurunan persediaan produk, saya pikir ini mendukung harga," Andrew Lipow, presiden Lipow Oil Associates, mengatakan.

Jumlah rig minyak AS yang aktif naik enam menjadi 467 rig minggu ini, tertinggi sejak April 2020, karena harga minyak mentah yang lebih tinggi telah mendorong beberapa pengebor untuk kembali ke sumur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper