Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Semen Padang: Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Juru Selamat di Masa Pandemi

Dengan proyek jalan tol Trans Sumatera, anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) ini tidak mengalami banyak penurunan kapasitas produksi sepanjang tahun 2021.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 25 November 2021  |  09:46 WIB
Fasilitas klin atau pembakar semen di Pabrik Indarung 1 milik PT Semen Padang. Pabrik Indarung 1 berhenti beroperasi penuh pada 1999. - Dwi Nicken Tari
Fasilitas klin atau pembakar semen di Pabrik Indarung 1 milik PT Semen Padang. Pabrik Indarung 1 berhenti beroperasi penuh pada 1999. - Dwi Nicken Tari

Bisnis.com, PADANG - PT Semen Padang, anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. mengatakan proyek jalan tol Trans Sumatera menjadi juru selamat selama masa pandemi.

Direktur Keuangan Semen Padang Tubagus M. Dharury mengatakan kapasitas produksi perseroan tak banyak berkurang di sepanjang tahun berjalan.

“Selama pandemi, salah satu blessing in disguise di Semen Padang adalah pembangunan jalan tol Trans Sumatera yang sejak 2019,” kata Tubagus, Rabu (25/11/2021).

Kendati demikian, lanjut Tubagus, beberapa proyek yang akan rampung tahun ini tetap menjadi tantangan bagi penjualan Semen Padang.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Semen Padang dengan pangsa pasar terbesar di Pulau Sumatera ini tengah mengincar potensi pasar ekspor untuk produk klinker dan semen.

“Pengiriman semen ke Australia, itu bentuk antisipasi untuk mempertahankan kinerja supay tidak terlalu tertekan,” ujar Tubagus.

PT Semen Padang merupakan pemilik pabrik semen pertama di Asia Tenggara yang didirikan pada 1910. Perseroan efektif memproduksi semen sejak 1913 hingga sekarang.

Kapasitas produksi Semen Padang saat ini mencapai 8,9 juta ton per tahun dari 5 pabrik. Adapun pabrik pertama milik perseroan yaitu Indarung 1 telah berhenti beroperasi pada 1999 dan direncanakan untuk dijadikan museum.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

semen indonesia semen padang
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top