Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Grup Adaro, Indika, Northstar, hingga Luhut Ikut Bisnis PCR, Emang Untung?

PT Genomik Solidaritas Indonesia (GSI) yang menyediakan tes RT-PCR sahamnya dipegang sejumlah korporasi besar seperti Adaro, Indika, Northstar, hingga TBS Energi.
Yuliana Hema
Yuliana Hema - Bisnis.com 02 November 2021  |  16:37 WIB
Grup Adaro, Indika, Northstar, hingga Luhut Ikut Bisnis PCR, Emang Untung?
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, Ketua Kadin Indonesia Arsyad Rasjid, bersama sejumlah stakholder lainnya mengunjungi London Stock Exchange, Jumat (29/10/2021). - twitter Anindya Bakie.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Nama Grup Indika, Adaro Energy, Northstar Group, termasuk Luhut Binsar Pandjaitan dikaitkan dengan bisnis Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction RT-PCR melalui PT Genomik Solidaritas Indonesia (GSI).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan dikabarkan memiliki saham di PT GSI. Namun menurut, Juru Bicara Luhut, Jodi Mahardi keterlibatan Luhut hanya sebatas aksi sosial dalam membantu penanganan pandemi Covid-19.

“Terkait GSI, jadi pada waktu itu, Pak Luhut diajak oleh teman-teman dari Grup Indika, Adaro, Northstar, yang memiliki inisiatif untuk membantu menyediakan tes Covid-19 dengan kapasitas tes yang besar,” katanya, Senin (1/11/2021).

Jodi juga menyebutkan bahwa terdapat 9 pemegang saham di PT GSI dimana yayasan dari Indika dan Adaro adalah pemegang saham mayoritasnya.

PT Adaro Energy Tbk. (ADRO) merupakan perusahaan pertambangan batu bara yang berbasis di Indonesia. Perusahaan ini dipimpin oleh pengusaha batu bara Garibaldi Thohir, yang akrab dipanggil Boy Thohir. Boy merupakan kakak dari Menteri BUMN Erick Thohir.

Sementara, Grup Indika, PT Indika Energy Tbk. (INDY) merupakan perusahaan batu bara dan energi milik keluarga Sudwikatmono, yang dikepalai oleh Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid.

Northstar Group merupakan perusahaan yang bergerak bidang private equity dan venture capital yang berkantor pusat di Singapura. Di balik nama besar Northstar Group, ada sosok Patrick Walujo dan Glenn Sugita.

Lebih lanjut, Jodi memastikan dengan pemodal yang merupakan perusahaan-perusahaan besar bahwa pendirian PT GSI tidak berorientasi pada profit.

“Kalau dilihat grup-grup itu kan mereka grup besar yang bisnisnya sudah well established dan sangat kuat di bidang energi, jadi GSI ini tujuannya bukan untuk mencari profit bagi para pemegang saham,” katanya.

Dengan fakta tersebut, Jodi memastikan keterlibatan perusahaan Menko Luhut yakni PT Toba Sejahtera Tbk.  (TOBA)di PT GSI murni bersifat sosial yakni membantu penanganan pandemi pada masa-masa awal. TOBA, yang telah bersalin nama menjadi PT TBS Energi Utama Tbk., merupakan salah satu korporasi energi yang melantai di Bursa Efek Indonesia.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga angkat suara perihal kabar yang menyebut Erick Thohir terlibat bisnis tes polymerase chain reaction (RT-PCR).

Dia membantah Erick terlibat dalam bisnis tes RT-PCR, dan menyebut isu tersebut sangat tendensius. Alasannya, PT GSI hanya mengambil 2,5 persen total pasar tes PCR.

“Isunya sangat tendensius. Bisa kita lihat dari data, sampai kemarin  tes PCR itu mencapai 28,4 juta di seluruh Indonesia. Sementara, PT Genomik Solidaritas Indonesia (GSI) yang dikaitkan dengan Pak Erick itu, tes PCR yang dilakukan sebanyak 700 ribu. Jadi, bisa dikatakan hanya 2,5 persen dari total tes PCR yang sudah dilakukan di Indonesia. Hanya 2,5 persen jadi 97,5 persen lainnya dilakukan pihak lain,” ujar Arya kepada awak media, Selasa (2/11/2021).

Kemudian, dia mengakui di GSI ada yang Yayasan Adaro sebagai pemegang saham sebanyak 6 persen. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Yayasan Adaro sangat minim berperan dalam tes RT-PCR. Namun, Erick Thohir setelah menjabat menteri BUMN tidak lagi aktif dalam bisnis dan yayasan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indika energy northstar adaro Luhut Pandjaitan PCR TBS Energi Utama Tbk.
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top