Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kekurangan Pasokan, Kinerja Metrodata (MTDL) Justru Terdongkrak

Kelangkaan chip membuat persediaan barang terbatas, sehingga mengurangi kompetisi harga yang meningkatkan keuntungan Metrodata.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 21 Oktober 2021  |  10:03 WIB
Presdir Metrodata Electronics Susanto Djaja. Bisnis - Abdurachman
Presdir Metrodata Electronics Susanto Djaja. Bisnis - Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA -- Kekurangan pasokan chip, laptop, serta smartphone membuat kinerja PT Metrodata Electronics Tbk. (MTDL) terdongkrak.

Sekretaris Metrodata Electronics Randy Kartadinata mengatakan terjadi kelebihan permintaan selama pandemi Covid-19. Menurutnya kelangkaan produk notebook dan PC yang terjadi di awal pandemi 2020 memang mulai pulih secara bertahap di tahun ini.

Akan tetapi, kebutuhan pasar belum dapat sepenuhnya dipenuhi oleh perseroan. Emiten berkode saham MTDL itu kini tengah mencari mitra usaha untuk produk notebook dan PC dengan merk baru.

"Perseroan juga terus melakukan diversifikasi penjualan produk untuk menutupi kekurangan supply notebook yaitu Chromebook dan Smartphone sebagai alternatif produk yang dipakai untuk pembelajaran di daerah yang tertinggal," katanya dalam keterangan resmi Kamis (21/10/2021).

Kekurangan pasokan berdampak positif pada kinerja perseroan. Sebab, MTDL mencatatkan kenaikan pendapatan sebesar Rp1,45 triliun pada semester I/2021 atau 23,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Randy menambahkan kenaikan penjualan juga dikontribusikan dari unit bisnis solusi dan konsultasi.

Khususnya untuk mendukung para pelanggan korporasi dalam menjalankan bisnisnya secara online atau work from home. Sementara itu, laba bersih perseroan tercatat mencapai Rp138 miliar atau naik sebesar 63,6 persen.

"Kenaikan laba bersih juga dikontribusikan oleh pemulihan dari selisih rugi kurs yang terjadi di tahun 2020 dimana perseroan mengalami kerugian kurs yang signifikan akibat dari gejolak kurs pada saat mulai terjadinya pandemi. Sedangkan pada 2021 ini gejolak kurs jauh lebih terkendali sehingga perseroan dapat meminimalisir selisih kurs yang ada," ungkapnya.

Randy menambahkan dampak dari kelangkaan chip membatasi persediaan barang sehingga mengurangi kompetisi harga yang meningkatkan keuntungan.

Maka itu MTDL kini lebih agresif dalam pemesanan barang dalam rangka memenuhi permintaan dari pelanggan. Menurutnya untuk mengatasi kelangkaan produk notebook dan PC serta mendorong kenaikan penjualan, MTDL juga memasarkan produk notebook dengan merk baru, chromebook, dan juga smartphone serta berbagai varian baru dari produk gaming.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kinerja Emiten metrodata electronics mtdl
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top