Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kekurangan Pasokan, Kinerja Metrodata (MTDL) Justru Terdongkrak

Kelangkaan chip membuat persediaan barang terbatas, sehingga mengurangi kompetisi harga yang meningkatkan keuntungan Metrodata.
Presdir Metrodata Electronics Susanto Djaja. Bisnis/Abdurachman
Presdir Metrodata Electronics Susanto Djaja. Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA -- Kekurangan pasokan chip, laptop, serta smartphone membuat kinerja PT Metrodata Electronics Tbk. (MTDL) terdongkrak.

Sekretaris Metrodata Electronics Randy Kartadinata mengatakan terjadi kelebihan permintaan selama pandemi Covid-19. Menurutnya kelangkaan produk notebook dan PC yang terjadi di awal pandemi 2020 memang mulai pulih secara bertahap di tahun ini.

Akan tetapi, kebutuhan pasar belum dapat sepenuhnya dipenuhi oleh perseroan. Emiten berkode saham MTDL itu kini tengah mencari mitra usaha untuk produk notebook dan PC dengan merk baru.

"Perseroan juga terus melakukan diversifikasi penjualan produk untuk menutupi kekurangan supply notebook yaitu Chromebook dan Smartphone sebagai alternatif produk yang dipakai untuk pembelajaran di daerah yang tertinggal," katanya dalam keterangan resmi Kamis (21/10/2021).

Kekurangan pasokan berdampak positif pada kinerja perseroan. Sebab, MTDL mencatatkan kenaikan pendapatan sebesar Rp1,45 triliun pada semester I/2021 atau 23,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Randy menambahkan kenaikan penjualan juga dikontribusikan dari unit bisnis solusi dan konsultasi.

Khususnya untuk mendukung para pelanggan korporasi dalam menjalankan bisnisnya secara online atau work from home. Sementara itu, laba bersih perseroan tercatat mencapai Rp138 miliar atau naik sebesar 63,6 persen.

"Kenaikan laba bersih juga dikontribusikan oleh pemulihan dari selisih rugi kurs yang terjadi di tahun 2020 dimana perseroan mengalami kerugian kurs yang signifikan akibat dari gejolak kurs pada saat mulai terjadinya pandemi. Sedangkan pada 2021 ini gejolak kurs jauh lebih terkendali sehingga perseroan dapat meminimalisir selisih kurs yang ada," ungkapnya.

Randy menambahkan dampak dari kelangkaan chip membatasi persediaan barang sehingga mengurangi kompetisi harga yang meningkatkan keuntungan.

Maka itu MTDL kini lebih agresif dalam pemesanan barang dalam rangka memenuhi permintaan dari pelanggan. Menurutnya untuk mengatasi kelangkaan produk notebook dan PC serta mendorong kenaikan penjualan, MTDL juga memasarkan produk notebook dengan merk baru, chromebook, dan juga smartphone serta berbagai varian baru dari produk gaming.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper