Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sempat Rugi, Kaesang Cerita Pengalaman Jadi Investor Pemula

Saham pertama yang membuat Kaesang Pangarep untung 25-30 persen, yaitu PT Kino Indonesia Tbk. (KINO)
Annisa Saumi
Annisa Saumi - Bisnis.com 07 Oktober 2021  |  13:04 WIB
Sempat Rugi, Kaesang Cerita Pengalaman Jadi Investor Pemula
Erick Thohir dan Kaesang Pangarep, pemilik saham Persis Solo berfoto bersama dengan seragam klub. - Instagram
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anak terakhir Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, dikenal sebagai pengusaha. Belakangan ini, dia aktif di dunia pasar modal sebagai investor dan influencer.

Kaesang menuturkan, mulai terjun ke dunia saham pada 2017. Waktu itu, Kaesang tengah berkuliah dan mencari kegiatan lain yang bisa dikerjakan.

"Saya cari-cari edukasi tentang saham, di situ saya coba satu bulan, dua bulan, rugi terus," kata Kaesang, Kamis (7/10/2021).

Dari pengalaman itu, Kaesang mengaku dirinya mulai belajar tentang analisis fundamental dan teknikal saham. Di situ, dia menyadari ada saham yang bagus dan kurang bagus.

"Ini disclaimer, saham pertama yang buat saya untung 25-30 persen, yaitu KINO, valuasinya masih rendah banget. Waktu itu masih di harga Rp1.500," ucapnya.

Setelah mendapatkan untung, dia mencoba berinvestasi kembali ke saham. Namun, Kaesang kembali mendapatkan kerugian dan harus melakukan cutloss.

Kaesang menyadari masih banyak faktor di luar yang mempengaruhi harga saham. Selain itu, menurutnya investor juga harus melihat perkembangan ekonomi di luar seperti apa.

"Ternyata masih banyak faktor di luar sana yang mempengaruhi saham sendiri. Kita harus lihat ke dunia luar juga ekonominya seperti apa," tuturnya.

Kaesang menyarankan investor ritel pemula untuk mempelajari saham yang akan dibeli. Dia mengingatkan investor pemula agar tidak semata-mata mengikuti arus.

"Saya yang penting pelajari fundamental. Kelihatannya mudah, tapi ga segampang itu. Karena kalau kita pakai fundamental, harga turun, kita enggak akan takut," kata dia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi saham tips investasi kaesang
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top