Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dibayangi Sentimen Covid-19 dan Evergrande, Ini Prediksi Rupiah Besok

Nilai tukar rupiah diprediksi akan melemah pada Senin (27/9/2021) besok seiring dengan lonjakan kasus virus corona di beberapa wilayah dan isu gagal bayar Evergrande.
Karyawati salah satu bank memperlihatkan uang rupiah dan dolar di Jakarta, Kamis (29/4/2021). Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawati salah satu bank memperlihatkan uang rupiah dan dolar di Jakarta, Kamis (29/4/2021). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Nilai tukar rupiah diprediksi akan melemah pada Senin (27/9/2021) besok seiring dengan lonjakan kasus virus corona di beberapa wilayah dan isu gagal bayar Evergrande.

Berdasarkan data Bloomberg, pada perdagangan Jumat (24/9/2021) rupiah tercatat melemah 15 poin atau 0,11 persen ke posisi Rp14.258 per dolar AS. Sementara itu, indeks dolar AS mencatakan penguatan 0,14 poin atau 0,15 persen ke 93,173. Hari ini rupiah bergerak di kisaran Rp14.232 – Rp14.266 per dolar AS.

Ekonomi CORE Indonesia Yusuf Rendy Manilet mengatakan, salah satu sentimen penekan pergerakan rupiah besok adalah munculnya varian baru Covid-19 yang dibarengi dengan gelombang penyebaran di negara-negara seperti Singapura dan India.

Ia mengatakan, apabila lonjakan kasus ini tidak tertangani secara tepat, akan berpotensi mengubah skenario pemulihan ekonomi global. Apalagi, kedua negara tersebut juga merupakan partner dagang utama Indonesia. 

“Sehingga ada potensi akan memberikan dampak juga ke Indonesia via perdagangan internasional,” katanya saat dihubungi pada pekan ini.

Sementara itu, dari luar negeri, kasus Evegrande masih belum menemui titik terang sampai Jumat lalu. Meskipun sudah berhasil memenuhi beberapa kesepakatan kewajiban pembayaran, Yusuf mengatakan pasar masih ragu hal tersebut cukup untuk membayar utang perusahaan sebesar USS$300 miliar.

“Intervensi masih diperlukan untuk melunasi atau restrukturisasi utang tersebut,” lanjutnya.

Seiring dengan hal tersebut, Yusuf memprediksi nilai tukar rupiah akan bergerak melemah pada kisaran Rp14.260 – Rp14.280.

Sebelumnya, Tim Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange (ICDX) mengatakan bahwa saat ini pelaku pasar yang masih menyerap sentimen dari hasil pertemuan the Fed pekan ini terkait kebijakan suku bunga dan tapering.

“Walaupun tidak merubah tingkat suku bunga, namun diserap positif oleh para pelaku pasar,” urai tim riset ICDX.

Pada pertemuan the Fed pekan ini, tidak ada perubahan suku bunga, namun berdasarkan sejumlah pernyataan, terdapat indikasi bahwa kondisi ekonomi saat ini sudah berada dalam kondisi yang cukup kondusif walaupun penyebaran Covid-19 di AS sedikit memberikan perlambatan perbaikan ekonomi.

Namun, pada sejumlah pernyataan berikutnya, pasar mulai menyerap bahwa ada rencana The Fed untuk mulai normalisasi kebijakan (tapering) terutama pada kuantitas pembelian aset oleh the Fed. Oleh pernyataan tersebut, fluktuasi dolar AS kembali menguat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper