Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gangguan IndiHome dan Telkomsel Tuai Keluhan Warganet, Begini Laju Saham Telkom (TLKM)

Saham TLKM koreksi 0,85 persen atau 30 poin menjadi Rp3.500, setelah bergerak di rentang Rp3.460-Rp3.510
Logo Indihome/Twitter.com
Logo Indihome/Twitter.com

Bisnis.com, JAKARTA – Saham PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) melemah pada sesi I perdagangan Senin (20/9/2021) seiring dengan gangguan yang sempat terjadi pada jaringan anak usahanya kemarin, yakni Telkomsel dan IndiHome.

Namun, Telkom tidak sendirian, karena sejumlah saham big caps lainnya cenderung koreksi di tengah pelemahan indeks harga saham gabungan 1 persen lebih siang ini.

Pada akhir sesi I hari ini, saham TLKM koreksi 0,85 persen atau 30 poin menjadi Rp3.500, setelah bergerak di rentang Rp3.460-Rp3.510. Saham TLKM cenderung bergerak turun dari akhir pekan lalu Rp3.530.

Kapitalisasi pasarnya mencapai Rp346,72 triliun dengan valuasi PER 13,92 kali. Namun, saham TLKM masih menjadi favorit investor asing dengan aksi beli bersih atau net buy Rp36,47 miliar.

Sementara itu, manajemen Telkom mengklaim jaringan telekomunikasi yang sempat terganggu pada Minggu 19 September 2021 malam, telah berangsur pulih.

Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono mengatakan bahwa layanan Telkom Group, baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia sudah berangsur pulih pascagangguan sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatra, dan Kalimantan (Jasuka) ruas Batam–Pontianak.

“Sejak terjadinya gangguan kemarin malam, kami segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam,” kata Pujo kepada Bisnis, Senin (20/9/2021). 

Pujo menuturkan, Telkom menambah kapasitas link di beberapa wilayah Indonesia, seperti papua, Kalimantan, dan Jawa. Selain itu, perusahaan juga mengoptimalkan gerbang internasional di Manado untuk memulihkan layanan.

“Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala,” kata Pujo.

Telkom, ujar Pujo, berhasil mengidentifikasi asal gangguan. Diketahui gangguan berasal dari titik sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut.

Dengan diketahuinya titik gangguan, perusahaan telekomunikasi pelat merah tersebut segera mempersiapkan upaya perbaikan agar infrastruktur tersebut bisa segera berfungsi normal.

“Telkom berkomitmen untuk memberikan akses konektivitas terbaik di seluruh Indonesia guna memberikan pengalaman digital terbaik bagi seluruh pelanggan,” kata Pujo.

Sebelumnya, melalui akun twitter terverifikasi @Telkomsel, anak usaha Telkom itu menyampaikan detail wilayah yang internetnya mengalami gangguan.

Daerah itu adalah sejumlah titik di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

“Saat ini kami bersama TelkomGroup sedang berusaha untuk menemukan penyebab gangguan, dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak. Sedangkan, untuk layanan telpon dan SMS masih dapat diakses dengan normal,” ulas akun @telkomsel, Minggu (19/9/2021).

Di sisi lain, warganet pengguna layanan internet Indihome mengeluhkan masalah lambannya layanan internet kemarin.

Capek banget sama indihome tiap bulan bangett gangguan :(

@IndiHome lg re run hosplay kak indihome kenapa lemot bgt? hade

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper