Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menanti Kolaborasi Grab, Emtek (EMTK), dan Bukalapak (BUKA)

PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) dan Grab Indonesia akan meresmikan kerja sama strategis awal pekan depan. acara juga dihadiri CEO PT Bukalapak.com (BUKA).
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 24 Juli 2021  |  11:43 WIB
Menanti Kolaborasi Grab, Emtek (EMTK), dan Bukalapak (BUKA)
Logo PT Elang Mahkota Teknologi Tbk dan sejumlah portofolio usahanya. - emtek
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK), PT Bukalapak.com, dan Grab Indonesia bakal melakukan kerja sama strategis, yang diresmikan pada Senin (26/7/2021).

Berdasarkan undangan yang diterima Bisnis, Grab Indonesia dan Emtek akan meresmikan kerja sama strategis untuk pemberdayaan UMKM di ekosistem digital yang dilakukan secara virtual pada Senin 26 Juli 2021 pekan depan.

Peresmian ini akan dihadiri oleh Managing Director Emtek Group Sutanto Hartono, President Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi, serta CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin.

Selain itu, Grab dan Emtek juga turut mengundang Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto dan menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Kerja sama ini bertujuan mendorong percepatan transformasi digital bagi UMKM di Indonesia untuk memperluas inklusi digital dan keuangan bagi seluruh masyarakat.

Kolaborasi ini akan memanfaatkan jangkauan serta kekuatan ekosistem yang dimiliki kedua perusahaan untuk memajukan ekonomi digital Indonesia.

Kemesraaan Grab dan Emtek semakin terlihat sejak akhir bulan lalu, ketika kedua belah pihak melakukan aksi saling membeli saham.

Pada 30 Juni 2021, Corporate Secretary Emtek Titi Maria Rusli menyebutkan, EMTK membeli 311,27 juta saham PT Grab Teknologi Indonesia (GTI) senilai Rp3,08 triliun. Jumlah itu setara 3,29 persen saham.

Sebelumnya Emtek sudah memiliki 2,59 persen saham GTI. Artinya, setelah transaksi pada akhir semester I/2021 tersebut, Emtek memegang 5,88 persen saham GTI.

"Transaksi [pembelian saham PT Grab Teknologi Indonesia] dilakukan untuk memperkuat posisi EMTK sebagai perusahaan teknologi dan digital, sehingga memperkaya ekosistemnya," paparnya dalam keterbukaan informasi, Jumat (2/7/2021).

Sekitar tiga bulan sebelumnya, H Holdings Inc. yang terafiliasi dengan Grab mengambil bagian dalam saham baru Emtek yang dilakukan melalui skema private placement. Kepemilikan saham H Holdings Inc. di Emtek adalah sebesar 4,6 persen dari saham yang diterbitkan oleh EMTK.

Berdasarkan informasi dari H Holdings Inc., H Holdings Inc. adalah afiliasi dari Grab Holdings Inc. (Grab) dan merupakan investor yang telah mengambil bagian atas saham baru yang diterbitkan oleh EMTK melalui Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) yang dilaksanakan pada 31 Maret 2021.

Sementara itu, mengutip laporan keuangan EMTK per 31 Maret 2021, PT Bukalapak.com (BUKA) merupakan entitas asosiasi melalui PT Kreatif Media Karya. Emtek memegang 34,39 persen saham Bukalapak.

Perusahaan yangdipimpin oleh Rachmat Kaimuddin ini bakal menggunakan kode ticker BUKA saat melantai di Bursa Efek Indonesia. Dalam prospektusnya, Bukalapak akan melepaskan saham sebanyak-banyaknya 25.765.504.851 saham atau dibulatkan 25,76 miliar saham.

Rencananya, BUKA akan mencatatkan saham perdana di BEI pada 6 Agustus 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

elang mahkota teknologi emtek bukalapak grab indonesia
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top