Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ramai Pompom Saham, Bos BEI Ingatkan Investor Giat Baca Laporan Keuangan

Investor perlu untuk membaca serta menganalisis laporan keuangan perusahaan tercatat. Hal ini dapat membantu investor memahami fundamental perusahaan.
Karyawan berada di dekat monito pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (30/1). Bisnis/Nurul Hidayat
Karyawan berada di dekat monito pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (30/1). Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Fenomena pompom saham, khususnya di tengah volatilitas pasar yang tinggi belakangan ini masih terus menjamur. Investor pun diimbau untuk memperdalam pengetahuan di pasar modal.

Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan Bursa Efek Indonesia Kristian Sihar Manullang mengingatkan investor untuk terus memperkaya pengetahuan dan literasi tentang pasar modal.

“Investasi sebaiknya dibekali dengan pengetahuan serta informasi, dan tidak dilakukan hanya karena ikut-ikutan orang lain. Kami mengajak seluruh masyarakat yang ingin berinvestasi di pasar modal, khususnya saham, agar belajar terlebih dahulu,” ujarnya dalam video Tanya IDX yang diunggah di Youtube Indonesia Stock Exchange, dikutip Rabu (30/6/2021).

"Kristian mengatakan, BEI memiliki program edukasi yang bekerja sama dengan Perusahaan Sekuritas Anggota Bursa dan ditujukan bagi calon investor atau investor untuk belajar investasi di pasar modal, yaitu Sekolah Pasar Modal (SPM).

Dia menambahkan, para investor bisa belajar tentang pasar modal lewat SPM dan mendaftar melalui website sekolahpasarmodal.idx.co.id. Di laman tersebut juga investor dapat memilih jadwal SPM yang cocok.

“Bagi yang mau bertanya terkait SPM, bisa menghubungi BEI melalui Instagram,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Kristian mengimbau agar investor selalu mencari dan membaca terlebih dahulu informasi terkait saham yang akan dibeli atau dimiliki. Salah satu yang paling penting adalah membaca Laporan Keuangan Perusahaan Tercatat.

Selain itu, terdapat pula berbagai keterbukaan informasi perusahaan yang perlu diketahui juga oleh investor. Laporan Keuangan dan keterbukaan informasi perusaha dapat dilihat di Website IDX.

“Investor perlu untuk membaca serta menganalisis laporan keuangan perusahaan tercatat. Hal ini dapat membantu investor memahami fundamental perusahaan, sehingga investor dapat mengetahui saham tersebut layak atau tidak untuk dimiliki,” tuturnya.

Dia juga menuturkan bahwa pihak BEI juga memiliki berbagai kebijakan yang dapat membantu investor untuk meningkatkan kehati-hatian investor dalam menentukan keputusan investasinya.

Kebijakan tersebut antara lain pengumuman Unusual Market Activity (UMA), notasi khusus, dan pengumuman suspensi saham. Selain itu, dikatakan Kristian, BEI juga telah menambah tindakan pengawasannya dengan menerapkan immediate action sejak kuartal II/2020.

Immediate action merupakan upaya pencegahan dan atau mengurangi transaksi yang tidak wajar di Bursa, dengan memberikan informasi ke Anggota Bursa atau broker tentang adanya perilaku transaksi investor yang terindikasi berpotensi menjadi transaksi tidak wajar,” pungkas Kristian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Farid Firdaus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper