Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perhatian! Indosat (ISAT) Siap Luncurkan Layanan 5G Hari Ini

Manajemen Indosat Ooredoo mengundang pada acara Peluncuran 5G untuk Indonesia yang akan dilaksanakan secara virtual pada hari ini secara online pada pukul 11.00 WIB.
President Director & CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama dalam sambutannya di Perayaan HUT Indosat Ooredoo secara virtual, Jumat (20/11/2020).
President Director & CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama dalam sambutannya di Perayaan HUT Indosat Ooredoo secara virtual, Jumat (20/11/2020).

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten telekomunikasi PT Indosat Tbk. (ISAT) bakal meluncurkan layanan 5G pada Selasa (22/6/2021).

Dalam pengumuman perseroan, manajemen ISAT mengundang pada acara Peluncuran 5G untuk Indonesia yang akan dilaksanakan secara virtual pada hari ini secara online pada pukul 11.00 WIB.

Sebelumnya, manajemen ISAT berkomitmen memberikan manfaat besar dari jaringan 5G yang dimilikinya. Indosat tengah mematangkan solusi 5G untuk industri manufaktur, yang dapat membantu perusahaan tidak hanya melakukan pemantauan, juga pengendalian perangkat dari jarak jauh.

VP Head B2B Solution Indosat Ooredoo Supriyadi mengatakan sejauh ini pasar manufaktur merupakan pasar terbesar untuk perangkat yang digerakan dengan internet atau internet of things (IoT).

Implementasi 5G Indosat, kata dia, ke depan juga akan mengincar segmen manufaktur untuk segmen korporasi.

Dengan menggunakan jaringan 4G, pelaku usaha manufaktur hanya dapat menerima informasi tentang jalannya produktivitas di dalam pabrik lewat papan monitor.

Ke depan, kata Supriyadi, mereka tidak hanya memperoleh informasi atau memantau dari jarak jauh, juga sudah dapat mengoperasikan perangkat Iot manufaktur.

Jaringan 5G Indosat rencananya dapat mendukung automasi mesin-mesin produksi di dalam pabrik, sehingga jaringan 5G Indosat menghadirkan efisiensi bisnis, kualitas produksi yang lebih banyak dan peningkatan keselamatan bagi pekerja.

“Kami akan masuk ke pengendalian, bagaimana mesin-mesin produksi bisa beroperasi secara automasi. Di 5G ada satu teknologi edge computing 5G. Proses pengolahan data akan lebih dekat dengan mesin sehingga latensi lebih rendah,” kata Supriadi kepada Bisnis, Sabtu (19/6/2021).

Sekadar informasi edge computing 5G adalah sebuah teknologi yang membuat pemrosesan data lebih dekat dengan perangkat. Jika komputasi awan tradisional melakukan proses data di awan atau tersentralisasi di awan, dengan edge computing proses menjadi terdesentralisasi, menjadi lebih dekat dengan alat IoT yang menerima jaringan.

Tidak hanya itu, kata Supriyadi, jaringan 5G juga dapat mendukung solusi visualisasi komputer. Dengan jaringan 5G, Indosat memadukan aset perusahaan seperti CCTV dengan video analitik, sehingga pemilik perusahaan tidak hanya dapat melihat video rekaman mentah atau footage atas sebuah kejadian yang telah terjadi, juga bisa mendapatkan ekstrak data.

“Dengan solusi itu misalnya mereka bisa melakukan mengidentifikasi obyek, menghitung orang, meningkatkan keamanan dan lain sebagainya,” kata Supriyadi.

Supriyadi menambahkan dengan latensi yang rendah 5G, ke depan industri kesehatan dapat meningkatkan layanan tidak hanya melakukan pengobatan jarak jauh berbasis video, juga bisa melakukan operasi dari jarak jauh, di mana perangkat operarasi aja digerakan dengan jaringan 5G dari jarak jauh.

Layanan 5G ke depan juga bisa mendukung jutaan perangkat dalam satu wilayah secara bersamaan.

“Ini semua tidak bisa dilakukan dengan jaringan 4G,” kata Supriyadi.

Sekadar informasi, pada Senin (14/6) PT Indosat Tbk. (ISAT) berhasil menjadi operator telekomunikasi kedua yang mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) untuk komersialisasi layanan 5G.

Penerbitan SKLO ini didasarkan pada pelaksanaan Uji Laik Operasi (ULO) bertempat di Jakarta Pusat (area Monas-Jl. Medan Merdeka Barat-Jl. Medan Merdeka Selatan).

Dengan diterbitkannya SKLO 5G ini menandakan bahwa seluruh sarana dan prasarana untuk penggelaran jaringan 5G yang telah selesai dibangun oleh PT Indosat, Tbk secara teknis siap dioperasikan, khususnya akan dilakukan pada pita frekuensi 1800 MHz atau 1,8 GHz, dengan lebar pita 20 MHz dalam rentang 1837,5 MHz sampai dengan 1857,5 MHz.

President Director & CEO Indosat Ahmad Al-Neama mengatakan pergelaran 5G di Indosat tidak hanya simbol kegiatan pemasaran. Indosat berkomitmen memberikan layanan 5G terbaik yang berdampak besar terhadap kehidupan masyarakat.

“Peluncuran 5G bukanlah simbol marketing. Ini merupakan komitmen kami untuk Indonesia. Karena ini komitmen, maka kami harus mempersiapkan dengan baik segala sesuatunya,” kata Ahmad kepada Bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper