Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Beragam Manfaat Jika GoTo Jadi Masuk Bursa

Bursa menyambut baik pengumuman merger antara Gojek—Tokopedia serta rencana mereka untuk IPO dengan harapan hal tersebut akan memberikan manfaat yang luas baik kepada perusahaan dan industri baik pada tingkat nasional maupun global.
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 18 Mei 2021  |  19:25 WIB
CEO GoTo Andre Soelistyo dan Presiden GoTo Patrick Cao  -  Flickr
CEO GoTo Andre Soelistyo dan Presiden GoTo Patrick Cao - Flickr

Bisnis.com, JAKARTA — Masuknya entitas baru Gojek—Tokopedia, Grup GoTo, ke bursa saham dinilai akan memberikan sejumlah dampak positif, baik untuk perusahaan, bursa efek, maupun perekonomian Indonesia secara umum.

Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) I Gede Nyoman Yetna menyatakan Bursa menyambut baik pengumuman merger antara Gojek—Tokopedia serta rencana mereka untuk IPO dengan harapan hal tersebut akan memberikan manfaat yang luas baik kepada perusahaan dan industri baik pada tingkat nasional maupun global.

“Tentu saja kami berharap jika IPO GoTo ini terlaksana dengan baik, maka akan membawa dampak yang positif bagi Pasar Modal Indonesia dan perekonomian Indonesia,” kata Nyoman, Selasa (18/5/2021)

Dia menuturkan, kapitalisasi pasar GoTo akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap besaran kapitalisasi pasar modal Indonesia sehingga dapat meningkatkan daya tarik pasar modal Indonesia di global market.

Adapun, layaknya perusahaan lain yang melakukan pendanaan melalui pasar modal, Nyoman menilai perubahan status GoTo menjadi perusahaan terbuka juga dapat bermanfaat bagi peningkatan kinerja perusahaan melalui tambahan pendanaan yang diperoleh.

Peningkatan corporate governance juga menjadi manfaat yang akan dirasakan oleh perusahaan pada masa mendatang sehingga perusahaan dapat dikelola secara lebih transparan, lebih akuntabel, dan lebih profesional.

Di sisi lain, kehadiran GoTo di pasar modal Indonesia Bursa digharapkan dapat memberikan peningkatan yang signifikan dari sisi coverage investor melalui cakupan mitra driver, mitra penjual, serta pengguna aktif yang dapat ikut serta menjadi investor perusahaan.

“Melalui pasar modal, GoTo dapat tumbuh dan berkembang bersama dengan para stakeholder perusahaan yang selama ini telah memberikan support terhadap pertumbuhan GoTo,” ujar Nyoman lagi.

Nyoman menambahkan, BEI senantiasa mendorong perusahaan dari berbagai industri untuk memanfaatkan pasar modal sebagai house of growth, tidak terkecuali perusahaan-perusahaan di bidang teknologi.

“Adanya rencana IPO dari Unicorn ini tentu kami menyambut dengan baik dan kami optimis perusahaan-perusahaan teknologi lainnya juga dapat mengikuti langkah ini,” tutupnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa efek indonesia Goto merger gojek dan tokopedia
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top