Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Proyek PLTU Sumsel 8, Semen Baturaja (SMBR) Kerja Sama dengan Entitas PTBA-Huadian

PLTU Sumsel 8 berkapasitas 2x600 di Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan, tersebut dapat menghasilkan debu hasil pembakaran batu bara, yakni fly ash dan bottom ash.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 17 Maret 2021  |  09:32 WIB
Penandatanganan MoU antara PT Semen Baturaja (Persero) Tbk dengan PT Huadian Bukit Asam tentang pemanfaatan limestone, gypsum, fly ash dan bottom ash antara kedua perusahaan. istimewa
Penandatanganan MoU antara PT Semen Baturaja (Persero) Tbk dengan PT Huadian Bukit Asam tentang pemanfaatan limestone, gypsum, fly ash dan bottom ash antara kedua perusahaan. istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG - Korporasi BUMN PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. bekerja sama dengan PT Huadian Bukit Asam Power atau HBAP dalam pemanfaatan hasil dari pengembangan pembangkit listrik tenaga uap atau PLTU Mulut Tambang Sumsel 8.

Adapun PLTU Sumsel 8 berkapasitas 2x600 di Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan, tersebut dapat menghasilkan debu hasil pembakaran batu bara, yakni fly ash dan bottom ash.

Direktur Pemasaran Semen Baturaja Mukhamad Saifudin mengatakan kerjasama itu merupakan bentuk sinergitas dari kedua perusahaan untuk meningkatkan daya saing.

“Apalagi lingkungan industri semakin kompetitif, kami berupaya memanfaatkan peluang penciptaan revenue stream maupun cost transformation,” ujarnya dalam keterangan resmi terkait penandatanganan nota kesepahaman dengan China Huadian Hongkong Co Ltd (CHDHK) dan PT Bukit Asam Tbk (PTBA), Rabu (17/3/2021).

Saifudin menerangkan perseroan memanfaatkan fly ash dan bottom ash untuk proses produksi semen. Dia menjelaskan kedua produk itu dapat diolah dengan baik dalam produksi semen portland dengan peningkatan kualitas dan ketahanan. 

“Sejak tahun 2019 pun SMBR telah melakukan sinergi BUMN dengan Pusri Palembang untuk pemanfaatan flyash dan bottom ash,” katanya.

Saifudin menambahkan, dalam kerjasama tersebut, perseroan pun nanti akan mensuplai batu kapur (lime stone) untuk PT HBAP. Produk dari SMBR itu dibutukan untuk proses flue g gas desulfurization (FGD).

Perseroan pun menyatakan siap untuk memasok limestone sesuai kebutuhan PT HBAP, karena SMBR memiliki kemampuan untuk menghasilkan Limestone dengan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan proses operasi perusahaan tersebut. 

PT HBAP, kata dia, juga akan menyediakan gypsum sebagai bahan baku proses produksi di Semen Baturaja. 

“Sehingga kerja sama ini menguntungkan bagi kedua belah pihak terutama dalam memaksimalkan potensi yang dimiliki masing-masing perusahaan,” paparnya.

Nota kesepahaman kerjasama tersebut  akan berlangsung selama periode 2 tahun terhitung tanggal 02 Maret 2021 sampai dengan tanggal 01 Maret 2023. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN ptba pltu semen baturaja
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top