Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sekelas Wishnutama Jadi Komisaris Telkom (TLKM) Apa Telkomsel?

Kabar lain berembus bahwa Wishnutama Kusubandio akan ditunjuk menjadi komisaris utama di induk usaha Telkomsel, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk., menggantikan Rhenald Kasali. Lalu mana yang benar?
Hendri Tri Widi Asworo
Hendri Tri Widi Asworo - Bisnis.com 27 Januari 2021  |  11:09 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Kiri) dan Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio (Kanan) dalam acara peresmian dan penayangan perdana kanal berita SEA Today. - istimewa
Menteri BUMN Erick Thohir (Kiri) dan Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio (Kanan) dalam acara peresmian dan penayangan perdana kanal berita SEA Today. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Beredar kabar bahwa mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio akan didapuk menjadi komisaris utama PT Telkomsel oleh pemegang saham.

Namun, kabar lain berembus bahwa pengusaha nasional itu akan ditempatkan menjadi komisaris utama di induk usaha Telkomsel, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk., menggantikan Rhenald Kasali. Lalu mana yang benar?

Sejumlah eksekutif di lingkungan Telkom menyebutkan bahwa ada beberapa opsi bagi Wishnutama, yakni menjadi komisaris utama di Telkom atau Telkomsel. Apalagi sekelas Wisnutama adalah mantan menteri.

“Bisa ke Telkom Indonesia, bukan anak perusahanya. Komut Telkomsel itu ex officio adalah dirut Telkom. Selama ini begitu yang terjadi,” ujar eksektutif yang enggan disebutkan namanya kepada Bisnis, Selasa (27/1/2021) malam.

Bisnis mencoba menghubungi Wishnutama. Menurutnya, dia belum mengetahui mengenai kabar dirinya akan dijadikan komisaris utama di Telkom atau Telkomsel.

“Saya justru baru dengar soal Telkomsel di berita-berita. Apalagi yang Telkom, baru sekarang [saya dengar],” ujarnya, Selasa (26/1/2021) malam.

Dia pun menyebutkan bahwa belum ada yang menghubungi dirinya dari Kementerian BUMN perihal pencalonan menjadi komisaris utama. “Belum ada,” jawabnya singkat.

Arya Sinulingga, Staf Khusus Menteri BUMN, belum merespons saat ditanya mengenai pencalonan Wishnutama menjadi komisaris utama.

Sementara itu, Senior Vice President, Corporate Communication, dan Investor relation Telkom, Ahmad Reza menyampaikan bahwa saat ini pihaknya belum memperoleh informasi mengenai perubahan susunan dewan komisaris Telkomsel.

“Sebagai perusahaan publik, TelkomGroup senantiasa mematuhi peraturan perundangan dan prinsip tata kelola perusahaan yang baik dari disisi compliance dan keterbukaan dalam menyampaikan informasi terhadap inisiasi bisnis yang perlu diketahui oleh publik. Saat ini kami belum memperoleh informasi perubahan susunan dewan komisaris Telkomsel,” ujarnya dalam pesan singkat.

Dia menambahkan, saat ini Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital tengah melanjutkan peran sebagai digital connectivity enabler yang fokus melanjutkan roadmap pengembangan jaringan broadband berteknologi terdepan.

Wishnutama ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Kabinet Indonesia Maju pada 20 Oktober 2019. Namun, baru seumur jagung, pria berusia 50 tahun itu dicopot dan digantikan oleh Sandiaga Uno pada 22 Desember 2020.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel telkom Wishnutama
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top