Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awal PSBB Transisi Bikin IHSG Moncer, 9 Indeks Sektoral Menguat

Analis memperkirakan PSBB transisi akan menguntungkan rumah makan dan pusat perbelanjaan.
Pengunjung berjalan di dekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan harga saham di kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI)  di Jakarta, Jumat (25/9/2020). Bisnis/Dedi Gunawan
Pengunjung berjalan di dekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan harga saham di kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Jumat (25/9/2020). Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengawali pekan ini di zona hijau seiring dengan kembalinya DKI Jakarta ke masa PSBB transisi.

Berdasarkan data Bloomberg, IHSG menguat 0,87 persen menjadi 5.097 pada perdagangan Senin (12/10/2020) pukul 09.03 WIB. IHSG kemudian bergerak menguat ke level 5.090,03 pada pukul 09.17 WIB.

IHSG dibuka pada level 5.078 dan sempat menyentuh titik tertinggi pada 5.103 dan titik terendah pada 5.078.

Sebanyak 198 saham menguat, 67 saham melemah, dan 134 saham diperdagangkan stagnan. Kapitalisasi pasar di Bursa Efek Indonesia tercatat senilai Rp5.947 triliun.

Sebanyak 9 dari 10 indeks sektoral terpantau menguat pagi ini, dipimpin oleh sektor finansial yang menguat 1,49 persen dan disusul sektor aneka industri dengan penguatan 1,19 persen.

Di sisi lain, sektor properti berada di zona merah dengan pelemahan tipis 0,04 persen.

Kepala Riset Mirae Asset Sekuritas Hariyanto Wijaya menyampaikan bahwa masa PSBB transisi akan menguntungkan rumah makan dan pusat perbelanjaan.

Adapun, PSBB transisi akan mengizinkan bisnis nonesensial beroperasi dengan kapasitas maksimum 50 persen (sebelumnya 25 persen), restoran dapat menyediakan pilihan makan di tempat, dan jam operasional pusat perbelanjaan dibatasi hingga pukul 21.00 WIB (sebelumnya 19.00 WIB).

“Menurut kami, PSBB transisi akan membawa berkah bagi restoran dan mal, sehingga bakal ada sentimen positif jangka pendek untuk perusahaan properti yang mendapat pendapatan dari mal,” tulis Hariyanto dalam riset harian, Senin (12/10/2020.

Mirae Asset Sekuritas merekomendasikan saham PWON, SMRA, BSDE, dan CTRA dengan perkiraan IHSG akan menguat hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper