Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Reksa Dana Syariah Bisa Jadi Alternatif Pilihan Investasi, Ini Alasannya

Di tengah kondisi pandemi, reksa dana syariah yang punya portofolio saham teknologi global menjadi pilihan menarik. Pasalnya, reksa dana syariah global memang memiliki keluwesan aturan untuk berinvestasi di saham offshore.
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 06 Oktober 2020  |  20:35 WIB
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis - Himawan L Nugraha
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Reksa dana syariah dapat menjadi pilihan investasi bagi investor yang mencari diversifikasi aset luar negeri.

Kepala Makroekonomi dan Direktur Strategi Investasi PT Bahana TCW Investment Management Budi Hikmat mengatakan kondisi pasar yang terjadi saat ini terbilang ekstrem dibandingkan keadaan normal.

Pun, dia menyebut pola pemulihan ekonomi saat ini mengikuti bentuk huruf K alias K recovery karena terjadi perbedaan yang sangat signifikan dari saham-saham yang menguat dan saham-saham yang terjerembap.

“Ada saham yang obvious sebagai pemenang dan ada yang lain yang kalah. Di bursa kita sendiri harus diakui kinerja terbaik itu bukan saham, bukan indeks saham, bukan LQ45, atau Islamic Index, tapi sebetulnya indeks SBN,” tuturnya dalam sesi webinar “Memacu Literasi Keuangan Syariah Mendorong Pemulihan Nasional” yang diadakan Senin (5/10/2020)

Di antara saham-saham yang menjadi winner tersebut antara lain saham-saham teknologi yang terkena sentimen positif dari pandemi. Sayangnya, saham-saham tersebut banyak berada di bursa luar negeri.

Budi mengatakan karena situasi saat ini tengah menyongsong resesi, maka langkah yang sebaiknya dilakukan adala mencegah mudarat atau kerugian lebih lanjut dibanding memetik manfaat.

“Kita harus meneliti, tidak bisa melihat market secara keseluruhan, kita harus melakukan fundamental analisis bahkan terbuka kemungkinan kita perlu invest di luar negeri, jadi ada negara-negara yang kuat di digital ekonomi,” paparnya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan reksa dana syariah yang punya portofolio saham teknologi global. Pasalnya, reksa dana syariah global memang memiliki keluwesan aturan untuk berinvestasi di saham offshore.

“Jadi itu kira-kira strateginya. Kita harus objektif melihat ke depan, saya meyarankan harus melihat secara ojektif,” ujar dia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi reksa dana
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top