Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indofarma Mulai Jual Obat Corona Remdesivir Rp1,3 Juta, Berapa Modalnya?

Direktur Utama PT Indofarma Tbk. Arief Pramuhanto mengatakan untuk bulan ini perseroan akan memasok sebanyak 400.000 vial antivirus remdesivir.
PT Indofarma siap memasarkan obat antivirus desrem remdesivir. Istimewa
PT Indofarma siap memasarkan obat antivirus desrem remdesivir. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten BUMN farmasi PT Indofarma Tbk. segera mendistribusikan obat antivirus untuk pasien COVID-19 yakni Remdesivir dengan nama dagang Desrem™. Obat tersebut akan dijual dengan harga Rp1,3 juta per vial (botol kecil) ke rumah sakit untuk pasien kondisi sedang hingga berat.

Direktur Utama PT Indofarma Tbk. Arief Pramuhanto mengatakan untuk bulan ini perseroan akan memasok sebanyak 400.000 vial. Selanjutnya, sembari mendata kebutuhan dan permintaan perseroan pun berharap dapat meninjau kembali harga jualnya.

Menurut Arief biaya pokok untuk mendatangkan obat yang tengah ramai dibincangkan menyembuhkan pasien Covid-19 ini masih tergolong tinggi atau sekitar Rp600.000.

"Saat ini akan dijual Rp1,3 juta sembari mendata kembali permintaan obat ,sehingga kami tahu harus memasok berapa dan memberi harga," katanya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VI DPR RI, Senin (5/10/2020).

Arief mengemukakan obat ini diproduksi oleh Mylan Laboratories Limited, atas lisensi dari Gilead Sciences Inc, Foster City dan United States of America. Dia menyebut Remdesivir ini juga telah mendapat persetujuan Emergency Use Authorization (EUA) di Indonesia.

Sementara akhir pekan lalu, PT Kalbe Farma Tbk. bersama PT Amarox Global Pharma (Amarox) juga resmi menurunkan harga COVIFOR obat Remdesivir di Indonesia usai merilis harga awal Rp3 juta per vial.

Perseroan menurunkan hingga 50 persen menjadi Rp1,5 juta per vial. Hal tersebut dikarenakan merespons masukan dari pemerintah, tenaga kesehatan dan pasien.

Kalbe Farma dalam pernyataan resminya, menyatakan penyesuaian harga ini sejalan dengan komitmen Kalbe bersama Amarox untuk mendukung pemerintah mengatasi pandemi Covid-19 dan mempertimbangkan semakin banyak pasien yang mendapat manfaat obat COVIFOR untuk penyembuhan penyakit Covid-19.

Harga produk COVIFOR yang diproduksi oleh Hetero India, diimpor oleh Amarox dan dipasarkan serta didistribusikan oleh Kalbe di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper