Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Raup Marketing Sales Rp540 Miliar, Proyek Residensial Jadi Andalan Metland (MTLA)

Kontribusi penjualan dari proyek residensial mencapai Rp365 miliar sedangkan sisanya berasal dari proyek properti investasi.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 28 September 2020  |  16:20 WIB
Metland Transyogi, salah satu proyek besutan PT Metropolitan Land Tbk. - metlandtransyogi.com
Metland Transyogi, salah satu proyek besutan PT Metropolitan Land Tbk. - metlandtransyogi.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) mencatatkan angka prapenjualan (marketing sales) sebesar Rp540 miliar hingga akhir Agustus 2020.

Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan Metropolitan Land Olivia Surodjo mengatakan, dari perolehan tersebut, Rp365 miliar didapat dari penjualan proyek residensial sementara Rp175 miliar yang tersisa berasal dari segmen pendapatan berulang (recurring income).

“Kontribusi terbesar didapat dari segmen menengah dan menengah-bawah,” katanya dalam paparan publik perusahaan, Senin (28/9/2020).

Ia melanjutkan, perusahaan akan menggunakan proyek-proyek eksisting untuk menggenjot angka penjualan di sisa tahun 2020.  Untuk proyek residensial, perusahaan akan menawarkan sejumlah skema pembayaran.

"Untuk segmen menengah dan menengah bawah kami ada skema easy payment, seperti book dan pay later," jelasnya.

Sementara itu, di segmen properti investasi, ia menilai properti milik perusahaan masih cukup diminati oleh investor, utamanya yang berada di daerah Barat.

Untuk segmen ini, perusahaan juga telah menyiapkan sejumlah skema pembayaran yang menarik seperti cicilan pendek.

"Ini dilakukan agar kami mendapat cash flow lebih cepat," lanjutnya.

Pada semester I/2020, MTLA mencatatkan penurunan laba bersih sebesar 58,05 persen seiring dengan kontraksi pendapatan perusahaan. 

Berdasarkan laporan keuangan perseroan, MTLA  mencatatkan laba bersih yang dapat diatribusikan pada pemilik entitas induk senilai Rp88,29 miliar. Perolehan tersebut lebih rendah dibandingkan dengan semester I/2019 senilai Rp210,47 miliar.

Kontraksi laba bersih itu sejalan dengan menurunnya pendapatan perusahaan yang pada paruh pertama tahun 2020 tercatat sebesar Rp390,25 miliar. 

Perolehan ini lebih rendah 34,74 persen dibandingkan perolehan pada periode yang sama tahun 2019 senilai Rp598,04 miliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kinerja Emiten metland
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top