Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jasa Marga (JSMR): Tol Manado-Bitung Diresmikan Presiden Bulan Ini

Ruas Jalan Tol Manado-Bitung saat ini sudah siap untuk dioperasikan.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 13 Agustus 2020  |  19:27 WIB
 Presiden Joko Widodo (tengah/kemeja putih) saat melihat langsung pembangunan tol Manado-Bitung pada awal Mei 2019, pada kunjungan tersebut Presiden didampingi Kepala BPJN XV Triono Junoasmono (kanan/baris depan) dan Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung George Manurung (kiri/baris depan) serta beberapa pejabat lainnya.  - ANTARA
Presiden Joko Widodo (tengah/kemeja putih) saat melihat langsung pembangunan tol Manado-Bitung pada awal Mei 2019, pada kunjungan tersebut Presiden didampingi Kepala BPJN XV Triono Junoasmono (kanan/baris depan) dan Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung George Manurung (kiri/baris depan) serta beberapa pejabat lainnya. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyatakan jalan tol pertama di Sulawesi Utara yang menghubungkan Manado-Bitung akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo akhir bulan ini.

Silfana Pangaribuan, Marketing and Communication Dept. Head Regional Jasamarga Nusantara Tollroad menjelaskan ruas jalan tol Manado-Bitung, saat ini sudah siap untuk dioperasikan.

"Khususnya untuk rute Manado - Kauditan sepanjang 20 kilometer. Tol ini akan diresmikan akhir Agustus 2020," ujarnya kepada Bisnis Kamis (13/8/2020).

Dia menjelaskan panjang jalan tol yang akan diresmikan ini terdiri dari paket pemerintah yaitu di ruas Manado - Airmadidi, dan ruas garapan BUJT di seksi 2A yaitu dari Airmadidi - Kauditan.

Untuk progres pembangunan fisik yang dilaksanakan BUJT seksi 2A saat ini sudah mencapai angka 98,81 persen, dan sudah siap untuk dioperasikan.

Menurutnya secara umum jalan tol Manado-Bitung diminta pemerintah untuk mulai operasional dari Manado sampai ke Kauditan pada waktu dekat ini.

"Tinggal menunggu jadwal [peresmian] dari Presiden. Sedangkan sisanya yaitu di Seksi 2B direncanakan akan beroperasi awal 2021," ujarnya.

Saat ini untuk progres pengerjaan di seksi 2B, diakuinya masih ada kendala di pembebasan lahan beberapa titik, akibatnya pekerjaan konstruksi belum dapat dilanjutkan sampai selesai.

Adapun jalan tol Manado—Bitung memiliki panjang keseluruhan 39 kilometer yang dibangun dengan skema pembiayaan kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) yang terdiri atas dua paket pekerjaan.

Paket 1 sepanjang 14 kilometer merupakan ruas yang didukung konstruksinya oleh pemerintah (melalui viability gap fund) yang terbagi atas seksi 1A (Manado—Sukur) sepanjang 7 kilometer dan seksi 1B (Sukur—Air Madidi) sepanjang 7 kilometer.

Paket 2 sepanjang 25 kilometer menggunakan dana badan usaha jalan tol yang juga terbagi atas dua seksi, yaitu seksi 2A (Air Madidi—Danowudu) sepanjang 11,50 kilometer dan seksi 2B (Danowudu—Bitung) sepanjang 13,50 kilometer.

Jika nanti beroperasi penuh, jalan tol ini akan memangkas waktu perjalanan dari Manado—Bitung, yang sebelumnya diperlukan waktu 1 jam—1,5 jam menjadi 40 menit—50 menit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jasa marga tol jasa marga tol manado-bitung
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top