Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Heboh Gangguan Indihome, Saham Telkom (TLKM) Tetap Melaju

Pada sesi I perdagangan hari ini, saham TLKM naik 1,36 persen meskipun warganet heboh soal gangguan internet Indiehome.
Gedung perkantoran Telkom Landmark Tower di bilangan Gatot Subroto. /tlt.co.id
Gedung perkantoran Telkom Landmark Tower di bilangan Gatot Subroto. /tlt.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – Saham PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) mampu melaju kendati terjadi gangguan di jaringan internet Indihome pada Kamis (13/8/2020).

Pada sesi I perdagangan hari ini, saham TLKM naik 1,36 persen atau 40 poin menjadi Rp2.990, setelah bergerak di rentang Rp2.950 - Rp3.020.

Namun demikian, saham sepekan terakhir harga masih terkoreksi 0,99 persen, dan turun 24,69 persen sepanjang 2020.

Jaringan internet Indihome mengalami gangguan atau down pada pagi ini. Kejadian tersebut mengulang hal serupa dalam beberapa hari terakhir.

Kondisi tersebut membuat warganet atau netizen melampiaskan keluh kesah di media sosial, khususnya Twitter. Berdasarkan pantauan Bisnis hingga Kamis siang pukul 12.20 WIB, tagar #IndiHome menduduki peringkat pertama atau puncak trending Twitter di Indonesia.

Sementara itu, Telkom menyebutkan bahwa gangguan yang terjadi di jaringan internet Indihome, pada Kamis (13/8/2020) ini telah kembali normal.

Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo mengamini bahwa memang terjadi gangguan yang mengakibatkan penurunan kualitas layanan IndiHome pagi ini di berbagai wilayah Indonesia. Gangguan sempat terjadi beberapa saat, namun kini seluruh layanan telah kembali normal.

“Kami masih mengidentifikasi penyebab gangguan dan akan terus memantau layanan IndiHome secara keseluruhan,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (13/8/2020).

Arif menambahkan, atas kejadian ini, Telkom menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang terdampak dan merasakan ketidaknyamanan terhadap layanan IndiHome. Telkom senantiasa berupaya meningkatkan kualitas layanan demi menghadirkan pengalaman terbaik bagi seluruh pelanggan

Arif pun menegaskan bahwa gangguan jaringan tersebut tidak ada hubungannya dengan peristiwa kebakaran di STO Pekanbaru Centrum yang terjadi pada Selasa, Agustus 2020 sekitar pukul 15:00 WIB dan mengakibatkan padamnya layanan jaringan di Wilayah Sumatera bagian Utara dan Tengah, dan Pekanbaru.

“Tidak ada hubungannya dengan yang kejadian kebakaran di Riau,” tegasnya.

Dia juga menyebutkan bahwa gangguan jaringan tersebut tidak berangsur lama yang dapat mengganggu layanan terhadap pelanggan.

“Gangguannya tidak terlalu lama kisaran 5—15 menit,” ungkapnya.

Dalam beberapa hari terakhir para pelanggan jaringan internet Indihome mengalami gangguan atau down. Puncaknya pada hari ini, Kamis (13/8/2020) yang membuat para pelanggan protes di dunia maya.

Pihak Indihome melalui akun resminya di Twitter @indihome menyebutkan bahwa terjadi gangguan massal pada jaringan Indihome seluruh Jakarta. Hal tersebut disampaikan oleh admin akun Indihome menjawab respons salah satu pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper