Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kembangkan 5G di Indonesia Timur, XL Axiata (EXCL) Gaet Ericsson

Kerja sama XL Axiata dan Ericson meliputi solusi Cloud Packet Core Ericsson dan Network Functions Virtualization Infrastructure (NFVI).
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 31 Juli 2020  |  09:07 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. (EXCL) menggandeng perusahaan telekomunikasi Ericsson untuk mengimplementasikan solusi teknologi cloud core 5G-ready di Kawasan Timur Indonesia.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Jumat (31/7/2020), kerja sama ini meliputi solusi Cloud Packet Core Ericsson dan Network Functions Virtualization Infrastructure (NFVI).

Ericsson Cloud Packet Core meliputi aplikasi terdepan di pasar, seperti Evolved Packet Gateway, memungkinkan arsitektur jaringan inti (core network) terdistribusi serta meningkatkan kinerja jaringan dalam persiapan menuju 5G.

Ditambah dengan NFVI, jaringan inti terbaru ini akan mendukung XL Axiata dengan solusi terbuka dan fleksibel, yang memiliki kemampuan untuk mengimplementasikan teknologi-teknologi baru dengan kustomisasi bawaan dan inovasi baru.

Hal ini akan mendukung pengenalan layanan terbaru dan membantu memperkaya pengalaman pengguna, seraya tetap memberikan pelayanan maksimal.

Yessie D. Yosetya, Director & Chief Information - Digital Officer XL Axiata mengatakan, penggunaan layanan data di Indonesia yang tumbuh pesat menjadi salah satu faktor kolaborasi ini dijalankan. Hal ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang selalu mencari teknologi tercanggih.

“Bagi kami, Ericsson adalah salah satu mitra jaringan penting dan kami yakin implementasi ini akan meningkatkan kualitas kinerja jaringan kami,” ujarnya.

Country Head of Ericsson Indonesia Jerry Soper mengatakan, Ericsson adalah pemimpin pasar Evolved Packet Core virtual dan NFVI dalam beberapa tahun terakhir. Beberap keunggulan perusahaan asal Swedia ini adalah penerapan software, stabilitas kinerja operasional serta kemampuan pengiriman lokal yang baik.

“Kerjasama ini adalah bukti kepemimpinan Ericsson dalam hal Packet Core serta menunjukkan komitmen kami untuk bekerja bersama XL Axiata dalam menghadirkan layanan 5G,” katanya.

Berdasarkan laporan Ericsson Mobility Report edisi Juni 2019, rata-rata penggunaan data tiap smartphone di Indonesia diperkirakan akan meningkat hingga 10 kali lipat dengan perangkat 5G di Indonesia.

Solusi dari Ericsson mendukung XL Axiata dalam mempersiapkan peningkatan trafik data, menyederhanakan operasi dan menjamin pendapatan dari layanan 5G.

Ericsson adalah pemimpin teknologi global dan telah hadir di Indonesia selama lebih dari satu abad, menghadirkan konektivitas seluler bagi semua generasi, termasuk 4G, dan uji coba langsung 5G terbaru bersama XL Axiata.

Sebagai platform penting untuk 5G Core, Cloud Packet Core dan solusi NFVI Ericsson akan mendukung XL Axiata dalam membangun landasan kuat bagi jaringan 5G dan memastikan implementasi cepat dari use cases pada masa mendatang untuk masyarakat dan pelaku industri.

Saat ini, Cloud Packet Core Ericsson sedang mengembangkan aplikasi EPC virtual. Ericsson berdedikasi untuk mendukung pelanggan XL Axiata sehingga dapat dengan mulus melakukan evolusi dari EPC menjadi operasi mode ganda 5G Cloud Core, 5G EPC dan 5G Core (5GC). Dengan demikian menjamin fleksibilitas, kecepatan waktu untuk dipasarkan dan efisiensi dalam operasi.

Solusi NFVI Ericsson memungkinkan operator untuk mengimplementasikan telekomunikasi virtual, OSS, BSS, IT dan aplikasi pada media dengan kecepatan penuh dan total tarif kepemilikan rendah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata telekomunikasi teknologi 5G
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top