Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Prodia (PRDA) Genjot Kapasitas Pemeriksaan PCR Covid-19

Prodia Widyahusada menjelaskan bahwa peningkatan kapasitas itu dilakukan dengan menambahkan alat otomatis dari PerkinElmes di Laboratorium Pusat Rujukan Nasional, Jakarta serta Laboratorium Rujukan Regional di Surabaya, Makassar, dan Medan.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 24 Juli 2020  |  21:29 WIB
Manajemen Prodia Widyahusada saat menggelar paparan publik di Jakarta, Kamks (2/5/2019). - Bisnis/Muhammad Ridwan
Manajemen Prodia Widyahusada saat menggelar paparan publik di Jakarta, Kamks (2/5/2019). - Bisnis/Muhammad Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Prodia Widyahusada Tbk. menargetkan peningkatan kapasitas jumlah pemeriksaan Sars-CoV-2-RNA atau PCR Covid-19 lebih dari 1.000 pemeriksaan per hari.

Dalam siaran pers Jumat (24/7/2020), Prodia Widyahusada menjelaskan bahwa peningkatan kapasitas itu dilakukan dengan menambahkan alat otomatis dari PerkinElmes di Laboratorium Pusat Rujukan Nasional, Jakarta serta Laboratorium Rujukan Regional di Surabaya, Makassar, dan Medan.

Adapun, keunggulan penggunaan PerkinElmer untuk pemeriksaan PCR Covid-19 di antaranya dapat mempercepat hasil tes karena proses prosedur RT-PCR dikerjakan secara otomatis serta meminimalkan risiko kesalahan kerja dibandingkan dengan prosedur manual.

Direktur Utama Prodia Widyahusada Dewi Muliaty menjelaskan bahwa berkomitmen mendukung upaya pemerintah dalam menangani pencegahan penyebaran Covid-19. Dengan adanya alat otomatis dari PerkinElmer di Laboratorium Pusat Rujukan Nasional dan Laboratorium Rujukan Regional Prodia.

“Kami menargetkan jumlah pemeriksaan PCR COVID-19 lebih dari 1.000 sampel per hari. Semakin banyak jumlah sampel yang diperiksa, maka diharapkan semakin cepat pula penanganan kasus konfirmasi positif Covid-19,” jelasnya melalui siaran pers, Jumat (24/7/2020).

Dewi mengatakan telah melakukan rangkaian studi evaluasi yang komprehensif terhadap penggunaan alat otomatif PerkinElmer. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sensitivitas alat ini sangat baik untuk menegakkan diagnosis Covid-19 pada spesimen swab nasofaring atau orofaring dan memiliki tingkat akurasi yang tinggi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

prodia covid-19
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top