Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mencari Upaya Nyata Melawan Banjir Jakarta

Sebagai konsekuensi geografis dan cara kerja alam, banjir Jakarta seolah sebagai langganan tahunan yang belakangan terjadi dengan frekuensi lebih sering, persoalannya apakah ada cara mengatasi hal tersebut secara permanen?
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 23 Juli 2020  |  11:21 WIB
Official Poster Webinar: SimakKamis, Seri Sustainable City Season II Eps. 3: How to Overcome Flood in Jakarta
Official Poster Webinar: SimakKamis, Seri Sustainable City Season II Eps. 3: How to Overcome Flood in Jakarta

Bisnis.com, JAKARTA - Pada awal 2020, Indonesia terutama Jakarta sudah mendapat kejutan kado tahun baru berupa banjir yang cukup besar. Bahkan melanda hingga beberapa bulan berikutnya hingga menyebabkan korban dan ratusan orang mendadak mengungsi. 

Bahkan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pun mengatakan bahwa curah hujan di sekitar Jakarta pada 1 Januari 2020 itu termasuk yang paling ekstrim dan tertinggi sejak 154 tahun silam.

Memasuki akhir Juli, meluapnya air sungai dan banjir kembali jadi momok lantaran curah hujan cukup tinggi.  Sebagai konsekuensi geografis dan cara kerja alam, banjir Jakarta seolah sebagai langganan tahunan yang belakangan terjadi dengan frekuensi lebih sering, persoalannya apakah ada cara mengatasi hal tersebut secara permanen?

Upaya untuk ke arah sana sungguh kompleks, dan menemukan jalan berliku. Ada persoalan di hulu maupun hilir, melibatkan kewenangan banyak lembaga, berdampak kepada masyarakat dari beberapa daerah wilayah Ibukota. Singkatnya, perlu solusi komprehensif, tidak parsial yang diselesaikan pada tingkatan makro ataupun mikro.

Apa saja langkah yang bisa kita lakukan untuk memulai aksi nyata bersama-sama membangun Jakarta menuju kota berkelanjutan yang terbebas dari momok banjir?  Temukan jawabannya pada acara webinar bertajuk #SimakKamis, Seri Sustainable City Season II Eps. 3: How to Overcome Flood in Jakarta, yang di gelar oleh PT Jakarta Propertindohttps://www.bisnis.com/topic/26371/jakarta-propertindo, Kamis, 23 Juli 2020, Pukul  20.00 – 21.30 wib, Via Zoom meeting : bit.ly/SCJakproSano3 

Acara yang akan dipandu oleh Host Hani Sumarno dan Co-host Olina Deriza ini bakal menghadirkan praktisi lingkungan dari dunia muda yang penuh dengan solusi-solusi akar rumput hingga menyundul para pengambil kebijakan lingkungan papan atas, M. Bijaksana Junerosano, Founder Greeneration Foundation / Waste4Change.

Segala profesi, lintas BUMD, praktisi, dan para pemimpin masa depan di Tanah Air ini bisa join gratis di acara ini. Dan bagi yang ingin mendapat e-sertifikat sesi ini juga dapat mengakses bit.ly/ECJakproSano3 .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta banjir jakarta propertindo
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top