Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

​Lunasi Utang, Alam Sutera (ASRI) Siap Rilis Obligasi Valas US$485 Juta

Dana hasil penerbitan obligasi akan digunakan untuk melunasi surat utang jatuh tempo 2021 dan 2022. Adapun obligasi berdenominasi dolar AS akan diterbitkan oleh anak usaha Alam Sutera, yakni Alam Synergy Pte Ltd yang berkedudukan di Singapura.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 20 Juli 2020  |  10:10 WIB
Kawasan permukiman besutan PT Alam Sutera Tbk. di Tangerang. Alam Sutera memiliki beberapa segmen andalan yang menopang penjualan properti perseroan mulai dari properti hunian hingga properti komersial seperti perkantoran dan pusat perbelanjaan. - alam/sutera.com
Kawasan permukiman besutan PT Alam Sutera Tbk. di Tangerang. Alam Sutera memiliki beberapa segmen andalan yang menopang penjualan properti perseroan mulai dari properti hunian hingga properti komersial seperti perkantoran dan pusat perbelanjaan. - alam/sutera.com

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten properti PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI) akan menerbitkan surat utang senior (senior notes) senilai US$485 juta guna melunasi kewajiban yang akan jatuh tempo.

Dalam prospektus penerbitan obligasi perusahaan yang dirilis hari ini, Senin (20/7/2020), obligasi ini ditujukan kepada investor diluar wilayah Amerika Serikat dengan tunduk pada Regulation S berdasarkan Securities Act dengan kupon yang akan ditentukan pada beberapa waktu mendatang dan jatuh tempo paling cepat tahun 2024. 

Nilai surat utang yang akan diterbitkan adalah sebesar US$485 juta atau Rp6,74 triliun dengan menggunakan nilai tukar dolar AS berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia pada 31 Desember 2019. Obligasi ini akan diterbitkan oleh anak usaha Alam Sutera, yakni Alam Synergy Pte Ltd yang berkedudukan di Singapura.

Adapun jaminan akan berasal dari Alam Sutera serta anak-anak usahanya. Pertama, gadai atas saham yang dimiliki oleh Alam Sutera pada Alam Synergy. Kedua, pengalihan oleh perusahaan anak Alam Sutera lainnya, Carlisle Venture Pte Ltd atas seluruh kepentingan dan haknya dalam fasilitas pinjaman. Terakhir, jaminan-jaminan kebendaan atas aset-aset tidak bergerak milik penjamin terkait.

"Seluruh dana yang didapat dari penerbitan ini akan digunakan untuk melunasi sisa surat utang 2021 dan 2022 termasuk bunga dan biaya yang harus dibayar beserta harga penebusan  relevan yang belum lunas," demikian pernyataan manajemen.

Adapun tingkat kupon senior notes ini masih dibahas oleh perusahaan. Pengumuman terkait hal ini akan dipublikasikan oleh ASRI selambat-lambatnya 2 hari sebelum tanggal RUPS yang akan diadakan pada 26 Agustus 2020 mendatang.

Saham ASRI terkoreksi 1,49 persen atau 2 poin ke posisi 132 pada awal perdagangan Senin (20/7/2020). Dalam sepekan terakhir, saham ASRI naik 0,76 persen dan 10,92 persen dalam periode tiga bulan terakhir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

properti alam sutera
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top